FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 10-2021

    589

    Tes MRI Berbahaya Bagi Orang yang Sudah Divaksin? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Di media sosial Twitter beredar konten ungahan berisii informasi yang menyebut gelombang elektromagnetik yang muncul saat melakukan tes scan Magnetic Resonance Imaging (MRI) berbahaya bagi orang yang sudah divaksinasi Covid-19.  Bahkan, informasi tersebut disertai dengan narasi "I am warning vaxxed individuals to avoid MRI scans, especially for the 1st few weeks, as some people have been severely affected by the electromagnetism it produces. The Most severe cases have resulted in the death of the patients. No one is reporting to VAERS."

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari merdeka.com, informasi yang menyebutkan gelombang elektromagnetik yang muncul saat melakukan tes scan MRI berbahaya bagi orang yang sudah divaksinasi Covid-19 adalah hoaks.

    Informasi itu juga dapat terbantahkan dengan adanya laporan dalam artikel AFP Fact Check berjudul "Covid-19 vaccination does not make MRI scans dangerous" pada 8 Oktober 2021, dijelaskan bahwa tes scan MRI aman dilakukan setelah vaksinasi Covid-19.

    Ahli Saraf dan Profesor di University of British Columbia, Dr. Lara Boyd mengatakan bahwa sama sekali tidak ada data yang menunjukkan bahwa tes scan MRI dilarang setelah melakukan vaksinasi Covid-19.

    Profesor Biofisika Medis di University of Toronto, Dr. Jean Chen juga menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 bukanlah alasan untuk tidak melakukan tes scan MRI.

    “MRI menggunakan gelombang radio dalam medan magnet untuk menghasilkan gambar detail bagian dalam tubuh. Vaksin Covid-19 tidak berpengaruh dalam proses ini, karena vaksin tidak mengandung bahan magnetik,” jelas Dr. Jean Chen.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (11/10/2021):

    [DISINFORMASI] Video Vaksinasi dengan Suntik Kosong di Sekolah Tiongkok Jakarta

    [HOAKS] Tes Scan MRI Berbahaya bagi Orang yang Sudah Divaksinasi Covid-19

    [DISINFORMASI] Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat Memperingatkan Ada Penyakit Mirip Polio akan Muncul pada Akhir Tahun 2021

    [HOAKS] Uni Eropa Hentikan Vaksin Covid-19 Mulai 20 Oktober 2021

    [DISINFORMASI] Ini Bukan Foto Capt. Czi. Pierre Tendean, Ini Foto Wawan Wanisar

    Berita Terkait

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA