FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 01-2022

    1674

    Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari, Kemenkes: Cek Tiket Vaksinasi di PeduliLindungi

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004
    Penumpang bis Antar Kota Antar Provinsi memindai data optik aplikasi Peduli Lindungi saat pemeriksaan data vaksinasi Covid-19 di Terminal Pakukapatan Serang, Banten, Selasa (14/12/2021). Pemda setempat menetapkan syarat adanya sertifikat vaksinasi Covid-19 bagi warga yang akan bepergian untuk mencegah merebaknya kembali penyebaran Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru. - (antarafoto)

    Jakarta Selatan, Kominfo - Pemerintah akan memulai program vaksinasi dosis lanjutan (booster) untuk masyarakat umum pada esok, Rabu (12/01/2021). Berbagai persiapan dan koordinasi telah dilakukan jajaran terkait guna memastikan pelaksanaan vaksinasi booster ini berjalan lancar.

    “Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tadi siang, maka vaksin booster akan mulai tanggal 12 Januari 2022 besok. Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal enam bulan yang lalu,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) dalam keterangan pers secara virtual dari Jakarta Selatan, Selasa (11/01/2022).

    Menkes menyebutkan vaksin booster akan diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan (imunokompromais).

    Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 dan termasuk varian-varian barunya,” imbuhnya.

    Adapun jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis pertama dan kedua yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

    Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster di PeduliLindungi
    Berdasarkan rilis dari Kementerian Kesehatan masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

    Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik periksa. Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
    – Buka aplikasi PeduliLindungi
    – Masuk dengan akun yang terdaftar
    – Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19”
    – Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun
    – Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

    “Jika termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati.

    Guna menghindari kendala administrasi, Widyawati pun meminta masyarakat untuk memastikan NIK dan nomor telepon seluler yang digunakan sudah benar.

    “Oleh karena vaksinasi menjadi syarat beraktivitas di ruang publik dan sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, pastikan untuk tidak menggunakan NIK dan nomor handphone milik orang lain saat mendaftar vaksinasi booster untuk menghindari kendala administrasi di kemudian hari,” tandas Widyawati.

    Berita Terkait

    Antisipasi Lonjakan Kasus, Pemerintah Kembali Gencarkan Vaksinasi Dosis Ketiga

    Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa dari pengamatan yang dilakukan oleh pihaknya, vaksinasi Selengkapnya

    Tekan Penularan PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi Bagi Hewan Ternak

    Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan secepatnya melakukan pengadaan dan distribusi vaksin PMK dalam jumlah besar untuk vaksinasi he Selengkapnya

    Vaksinasi Sebelum Mudik dan Prokes Ketat Demi Perlindungan Optimal

    Pemerintah menghimbau masyarakat untuk vaksinasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dengan harapan antibodi dapat terbentuk sempurna. Selengkapnya

    Jaga Aktivitas Ekonomi selama Ramadan, Pemerintah Tetap Awasi dan Kendalikan Pandemi

    Kewajiban untuk menunjukkan hasil negatif Tes PCR di Negara/Wilayah Asal dalam waktu 2 x 24 jam sebelum Keberangkatan tetap diberlakukan. Na Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA