FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 04-2022

    821

    Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ditutup 3 Hari Lagi!

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Selatan, Kominfo - Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 masih dibuka hingga Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran telah memasuki pekan ketiga sejak dibuka pada 9 April 2022 lalu.

    Berdasarkan data terakhir Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) per 25 April 2022, tercatat 442.277 pelamar sudah membuat akun SSCASN Dikdin dan 116.099 sudah memilih sekolah kedinasan yang diminati. Namun yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran (submit) masih sebanyak 65.902 pelamar.

    Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni mengatakan, calon pelamar masih memiliki waktu 3 hari untuk membuat akun SSCASN, melengkapi data dan dokumen persyaratan serta menyelesaikan proses pendaftaran.

    “Masih ada waktu untuk mendaftar sampai 30 April 2022 pukul 23.59 WIB. Bagi yang belum membuat akun atau pun belum menentukan sekolah dapat segera menuntaskan pendaftaran sampai tahap akhir,” ujar Alex di Jakarta Pusat, Rabu (27/04/2022).

    Di tahun 2022, Pemerintah menyediakan 7.080 formasi yang tersedia di 30 sekolah kedinasan. Untuk mendaftar, calon pelamar terlebih dahulu harus membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan di portal dikdin.bkn.go.id. Dalam pembuatan akun SSCASN, pendaftar harus menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) yang tervalidasi oleh Dukcapil.

    Selanjutnya pelamar melengkapi data-data di formulir pendaftaran sekaligus memilih sekolah kedinasan dan formasi yang ingin dilamar. "Perlu diingat bahwa pelamar hanya diperbolehkan memilih satu dari 30 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran,” jelas Alex.

    Kemudian pelamar mengunggah dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar. Alex mengingatkan kepada pelamar agar teliti dan memeriksa kembali data-data dan dokumen sebelum mengakhiri proses pendaftaran. “Sebelum submit, pastikan semua data dan dokumen sudah sesuai. Cek kembali apakah yang sudah diisi dan diunggah sesuai dengan ketentuan persyaratan,” tuturnya.

    Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menerangkan, untuk mengetahui alur pendaftaran sekolah kedinasan 2022 pelamar dapat mengunduh Buku Panduan Helpdesk Dikdin 2022 pada tautan https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/dikdin/home. Melalui tautan yang sama, pelamar yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan helpdesk daring BKN.

    "Terkait ketentuan pendaftaran lainnya dapat dilihat pada laman masing-masing instansi/sekolah kedinasan," tambahnya. Aba kembali mengimbau masyarakat, khususnya pelamar sekolah kedinasan agar tidak mudah percaya terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan.

    "Seluruh tahapan mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT), hingga penentuan kelulusan sudah terintegrasi dan terkomputerisasi untuk menutup celah kecurangan dan praktik calo," tandasnya.

    Berita Terkait

    Indonesia-Korea Selatan Sepakat Tingkatkan Kemitraan Strategis

    Presiden Joko Widodo juga mendorong implementasi konkret dari Indonesia-Korea Economic Partnership Agreement untuk mendorong pemenuhan berba Selengkapnya

    Presiden Resmikan Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo

    Kepala Negara meminta agar kawasan tersebut dapat terus dijaga dan dipelihara dengan baik. Selengkapnya

    Presiden Pimpin Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

    Kepala Negara mengatakan bahwa organisasi Polri memiliki kewenangan yang sangat besar, menembus sampai ke tingkat desa, dan bersentuhan lang Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Lonjakan Harga Pangan

    Seperti minyak goreng, Presiden mengatakan bahwa sejumlah kebijakan telah diputuskan untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng di pasaran Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA