FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 05-2022

    878

    Operator Seluler Siap Bantu Kendala IMEI Delegasi DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    - (Humas/AYH)

    Yogyakarta, Kominfo - Dukungan dari penyelenggara seluler untuk Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Kelompok 20, atau Digital Working Group of Twenty (2nd DEWG G20) di Kota Yogyakarta diwujudkan dalam layanan International Mobile Equipment Identity atau IMEI.

    IMEI adalah nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah telepon seluler.

    Menurut penuturan dari petugas dari Indosat, Ibnu Mufid, pihaknya akan membantu persoalan IMEI dari para delegasi sidang DEWG G20.

    "Jika ada kendala soal IMEI nanti kami membantu untuk mengatasinya," kata Mufid kepada InfoPublik di lokasi sidang Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (17/5/2022).

    Mufid menyebutkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terkait IMEI. "Sejauh ini belum ada kendala IMEI dari delegasi DEWG G20," katanya.

    Sementara itu, petugas booth Smartfren, Lukman, mengatakan pihaknya akan membantu para delegasi DEWG G20 terkait IMEI.

    "Kami siap mengatasi soal IMEI dan nanti juga bekerja sama dengan teman-teman dari Kemkominfo serta Kementerian Perindustrian," urainya.

    Lukman menambahkan pihaknya juga belum menerima keluhan soal IMEI dari peserta DEWG G2O.

    Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke 15 yang digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya.

    Digit ini digunakan untuk memeriksa berbagai informasi dari telepon seluler itu sendiri. Mulai dari asal ponsel tersebut dibuat, pabrikan, dan nomor model dari telepon seluler.

    IMEI tidak hanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler, tapi juga untuk memblokir telepon seluler yang hilang dan dicuri.

    Penulis: Eko Budiono

    Editor: Elvira

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menteri Johnny Antarkan Delegasi Timor Leste

    Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Alur Peliputan Media di Lokasi KTT G20

    Selengkapnya

    [Berita Foto] Sambut Delegasi, Kominfo Jadikan DIN Side Event DEWG G20

    Digital Innovation Network (DIN) merupakan side event dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia dalam Sherpa Track untuk Sektor Ekonomi Digit Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Bali, Menkominfo Akan Buka 4th DEWG dan DEMM G20

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate tiba di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Badung, Bali, pukul 10.00 WITA Minggu (28 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA