FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 05-2022

    252

    Pemerintah Longgarkan Kebijakan Pemakaian Masker bagi Masyarakat

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska
    Presiden Joko Widodo memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 17 Mei 2022. - (Foto: BPMI Setpres)

    Jakarta, Kominfo -- Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka. Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali.

    Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 17 Mei 2022.

    “Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ujar Presiden.

    Sementara itu, bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

    “Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” imbuhnya.

    Selain melonggarkan kebijakan pemakaian masker, pemerintah juga melonggarkan kebijakan tes usap PCR atau Antigen bagi pelaku perjalanan. Aturan tersebut berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

    “Kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen,” tandasnya.

    Sumber:BPMI Setpres

    Berita Terkait

    Dua Minggu Lagi, Pemerintah Terapkan Kebijakan Vaksin Booster Jadi Syarat Mobilitas

    Penerapan kebijakan baru tersebut dilatarbelakangi oleh capaian vaksinasi booster yang masih rendah. Selengkapnya

    Wapres Minta Manfaat Reformasi Birokrasi Dirasakan Langsung oleh Masyarakat

    Pelaksanaan RB harus dilakukan dengan pendekatan yang inovatif, tematis, kreatif, dan berdampak luas yang dirasakan langsung oleh masyarakat Selengkapnya

    Kemenhub Beri Penghargaan Berbagai Pihak Pendukung Mudik 2022

    Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan kepada berbagai pihak, sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kolaborasi yang baik selama Selengkapnya

    Pemerintah Mulai Lakukan Sosialisasi dan Transisi Penggunaan PeduliLindungi untuk Beli Minyak Goreng Curah

    Perubahan sistem ini dilakukan untuk membuat tata kelola distribusi MGCR menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA