FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2022

    165

    Sambut Delegasi DEWG G20, Menkominfo Kenalkan Filosofi Jawa

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Yogyakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate berharap penyelenggaraan sidang kedua Digital Economy Working Group (DEWG) di kota Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta akan memberi pengalaman berkesan bagi para delegasi yang hadir langsung di kota sejuta budaya ini.

    "Sidang kedua DEWG G20 ini harus memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi tamu negara," kata Menkominfo dikutip dari siaran pers, Selasa (17/05/2022).

    Menurut Menteri Johnny, penyelenggaraan DEWG akan memberikan kesan yang menarik karena, lokasi penyelenggaraan memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya.

    DI Yogyakarta dikenal sebagai kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah khas kesultanan yang indah dipandang mata. Sehingga, sejak zaman dahulu dijadikan sebagai tempat destinasi wisata oleh masyarakat dalam maupun luar negeri.

    "Pertemuan kita hari ini spesial, bukan hanya karena diselenggarakan di salah satu kota paling mempesona di Indonesia, tapi juga untuk kehadiran fisik delegasi Anggota G20 yang banyak,” tutur Menkominfo.

    Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo juga mengenalkan salah satu filosofi budaya Jawa, memayu hayuning bawono. Filosofi ini mengajarkan setiap manusia untuk berkontribusi membangun dunia.

    “Seperti yang kita katakan dalam bahasa Jawa, Memayu Hayuning Bawono. Dengan filosofi ini Saya berharap kita dapat bekerja bahu membahu untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik terutama melalui teknologi digital,” jelasnya.

    Kemudian, kepada delegasi Anggota G20 yang hadir secara langsung di Yogyakarta, Menkominfo memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih. “Tentu saja, kami juga berterima kasih atas komitmen Anggota G20 yang telah bergabung dengan kami secara virtual, dalam pikiran, dan waktu yang berbeda yang kita miliki,” ujarnya.

    Sidang kedua DEWG G20 diselenggarakan secara hibrida dari tanggal 17 sampai dengan 19 Mei 2022 di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

    Delegasi dari 15 negara G20 hadir secara langsung di Yogyakarta. Selain Indonesia selaku tuan rumah, pertemuan ini dihadiri delegasi Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Prancis, Jerman, Inggris, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa. Adapun delegasi lima negara hadir secara daring antara lain Kanada, China, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia

    Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia 2022 mengangkat tema Achieving Resilient Recovery: Working Together for More Inclusive, Empowering, and Sustainable Digital Transformation. Forum itu dihadiri oleh 16 negara anggota G20, 2 negara undangan yaitu Singapura dan Kamboja, serta perwakilan International Telecommunications Union (ITU) dan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

    Sidang kemudian dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba, selaku Chair DEWG dan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan SDM, Dedy Permadi, sebagai Alternate Chair DEWG.

    Penulis: Tri Antoro
    Editor: Taofiq Rauf

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Ketua Bawaslu

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, menerima audiensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), membahas Rancangan Nota Kesepahaman t Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Batam, Menkominfo Akan Tinjau Lokasi Lahan PDN

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja ke Batam untuk memaparkan agenda percepatan transformasi digita Selengkapnya

    Jadi Agenda DEWG G20, Sekjen Kominfo: Revitalisasi Pariwisata Lewat Transformasi Digital

    Pemerintah tengah melaksanakan program strategis untuk pemulihan sektor pariwisata di tanah air. Selengkapnya

    Migrasi IPv4 ke IPv6, Kominfo Libatkan Stakeholders

    Direktur Telekomunikasi Ditjen PPI Kementerian Kominfo mengungkapkan upaya tersebut membutuhkan dukungan semua stakeholders baik pemerintah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA