FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 06-2022

    357

    Menkominfo Ajak Dubes Negara Anggota ITU Dukung Calon Indonesia dalam RRB ITU

    SIARAN PERS NO. 268/HM/KOMINFO/06/2022
    Kategori Siaran Pers
    Dalam rangka penggalangan dukungan pencalonan kembali Indonesia sebagai negara anggota Dewan International Telecommunication Union (ITU) periode 2023 - 2026 dan pencalonan Dr. Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota Radio Regulations Board (RRB) ITU periode 2023-2026, Kementerian Kominfo menyelenggarakan Jamuan Diplomatik “Jakarta Reception”, yang diselenggarakandi Hotel Raffles Jakarta Selatan, Selasa (28/06/2022). - (AYH)

    Siaran Pers No. 268/HM/KOMINFO/06/2022

    Rabu, 28 Juni 2022

    Tentang

    Menkominfo Ajak Dubes Negara Anggota ITU Dukung Calon Indonesia dalam RRB ITU

     

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak negara-negara anggota International Telecomunication Union (ITU) untuk mendukung pencalonan Indonesia ke Dewan ITU Region E - Asia dan Australasia. Menkominfo juga mengajak untuk mendukung pencalonan Dr. Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota Radio Regulatory Board (RRB) dalam Plenipotentiary Conference 2022 yang akan berlangsung di Bucharest, Rumania pada September 2022 mendatang.

    “Saya sebagai Menteri Kominfo mengundang para duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat yang tergabung dalam keanggotaan International Telecommunication Union untuk mempererat hubungan diplomatik dengan Indonesia. Indonesia merasa terhormat untuk menerima dukungan yang berharga dari negara-negara anggota ITU dalam pencalonan Indonesia ke Dewan ITU Region E - Asia dan Australasia, dan pencalonan Dr. Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota RRB pada pemilihan mendatang dalam Konferensi Berkuasa Penuh ITU mendatang,” ajaknya dalam Jamuan Diplomatik di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (28/06/2022). 

    Menkominfo menjelaskan usulan Indonesia atas Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota RRB dilatari pengalaman kerja dalam bidang pengaturan radio baik spektrum frekuensi dan satelit.

    “Indonesia sudah lebih dari tiga dekade menjadi anggota di ITU Council, sehingga kita mengusulkan Pak Meidi untuk menjadi anggota Radio Regulation Board karena memang memiliki pengalaman kerja di bidang yang berhubungan dengan regulasi radio, baik itu yang berkaitan dengan spektrum frekuensi maupun yang satelit,” ungkapnya.

    Menteri Johnny menyatakan Meiditomo Sutyarjoko memiliki kombinasi keahlian unik dalam manajemen strategis eksekutif satelit. Menurutnya, sebagai seorang wirausahawan, Meiditomo Sutyarjoko memiliki inovasi, dapat berkoordinasi, dan memiliki berbagai pertimbangan serta pendekatan yang berorientasi pada dampak rekayasa satelit teknologi tinggi.

    “Selain itu, ia juga memenuhi syarat dengan pengalaman yang luas dalam bekerja dengan organisasi regional maupun internasional, terutama dalam menangani masalah spektrum,” jelasnya.

    Menkominfo menyatakan Meiditomo Sutyarjoko terlibat aktif menjadi delegasi Indonesia dalam berbagai pertemuan persiapan regional dan internasional untuk ITU World Radiocommunication Conferences (WRCs), ITU-R study groups, dan working parties.

    “Kami percaya, dengan pengalaman profesionalnya, Dr. Sutyarjoko memiliki semua kapasitas yang dibutuhkan ITU untuk memenuhi mandatnya sebagai anggota RRB,” tandasnya.

    Menurut Menteri Johnny, dalam ITU Plenipotentiary Conference 2022 pada bulan September di Bucharest, Rumania tahun ini, Indonesia mengharapkan kerja sama dengan negara-negara anggota ITU agar Indonesia dipercaya kembali untuk mewakili Region E - Asia dan Australasia dalam ITU Council.

    “Kita mempromosikan Dr. Meiditomo untuk mewakili Indonesia dan negara-negara Asia Pasifik tentunya atau negara-negara yang sedang berkembang dan yang belum berkembang. Sebagai perwakilannya di dalam menyusun aturan-aturan dan di dalam memperjuangkan hak yang lebih adil atau berimbang seperti misalnya mengelola orbit satelit, Jangan sampai orbit satelit hanya digunakan dalam negara-negara tertentu saja, tetapi bisa digunakan oleh berbagai negara yang lain yang ingin membutuhkan orbit untuk meletakkan satelitnya,” ungkapnya.

    Menkominfo menyontohkan saat ini Indonesia membutuhkan satelit dengan jumlah yang banyak. Untuk memperjuangkan orbit satelit ini adanya di Radio Regulation Board (RRB) ITU.

    “Karena membutuhkan satelit banyak, kita juga butuh banyak orbit satelit. Untuk itu tentu kita berharap nanti dukungan yang cukup kuat yang bisa diberikan kepada Dr. Meiditomo sehingga ia bisa menjadi anggota RRB. Tadi dalam pembicaraan saya dengan rekan-rekan para duta besar, memang mereka memberikan dukungan yang kuat untuk Indonesia karena perjuangan bangsa ini selalu menarik perhatian mereka,” tuturnya.

    Dalam acara itu, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba; Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan dan  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Hary Budiarto.

    Hadir pula Sekretaris Ditjen PPI, Wayan Toni Supriyanto; Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Aju Widyasari; Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI, Denny Setiawan; Kepala Pusat Kelembagaan Internasional Kementerian Kominfo, Ichwan Makmur Nasution; serta Kepala Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta, Noor Iza; Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Yohpy Ichsan Wardana; Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kemenlu, Penny Dewi Herasati; serta lebih dari 40 Duta Besar/Perwakilan Kedutaan Besar negara-negara anggota ITU di Jakarta.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Menkominfo ITU RRB AYH 5

    Menkominfo ITU RRB AYH 6

    Menkominfo ITU RRB AYH 7

    Menkominfo ITU RRB AYH 8

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 330/HM/KOMINFO/08/2022 tentang Digitalisasi Perkuat Resiliensi, Menteri Johnny: Indonesia Pulih Lebih Cepat

    Resiliensi bangsa juga ditunjukkan dari bangkitnya sektor ekonomi digital yang menjadi salah satu kunci kekuatan ekonomi Indonesia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 329/HM/KOMINFO/08/2022 tentang Momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Menkominfo Tekankan Kedaulatan Digital

    Menkominfo Johnny G. Plate mengajak semua pihak untuk menjaga kedaulatan digital nasional agar tidak terbentuk kolonialisasi baru. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 328/HM/KOMINFO/08/2022 tentang Menteri Johnny Ungkap Peran Komunikasi via Radio dalam Penegakan Kedaulatan RI

    Menkominfo Johnny G. Plate mengungkapkan peran komunikasi dan informatika dalam penegakan kedaulatan negara Indonesia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 327/HM/KOMINFO/08/2022 tentang Kenakan Busana Adat Bajawa, Menteri Johnny Pimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI

    Menteri Johnny mengenakan busana adat Bajawa dari Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA