FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2022

    132

    Wapres Harapkan Core Value BUMN Berdampak pada Kesejahteraan Masyarakat

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo – Sejak 1 Juli 2020, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menetapkan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai core value (nilai inti) di Lingkungan BUMN. Pentingnya penerapan nilai tersebut dilakukan demi kemajuan BUMN. Selain itu, diharapkan juga penerapan AKHLAK dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

    “Hasil penerapan AKHLAK oleh seluruh unsur BUMN pun harus dapat dilihat, dinilai, dan dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat. Pada akhirnya, yang terpenting bagi publik adalah derajat kemashlahatan bagi kesejahteraan masyarakat dan bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Pembukaan Acara Akhlak Award BUMN Tahun 2022, secara virtual, Selasa (05/07/2022).

    Pada penyelenggaraan Akhlak Award BUMN yang memasuki tahun kedua tersebut, Wapres berharap core value AKHLAK BUMN tidak hanya diterapkan di internal BUMN, dan sekedar mendukung pembangunan ekonomi nasional, namun dapat diterapkan juga untuk menumbuhkan ekosistem moral bangsa.

    “Tetapi juga bisa menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa Indonesia yang lebih melembaga dan diakui dunia,” tegasnya.

    Namun dalam mewujudkannya, BUMN tentu tidak dapat lepas dari tantangan yang harus dihadapi. Wapres pun menekankan bahwa kuncinya adalah niat baik serta ikhlas dalam menjalankan transformasi budaya yang dilakukan secara rutin dan secara terus-menerus.

    “Membangun transformasi budaya harus diniatkan ikhlas dari hati, kemudian dijalankan secara intens dan berkelanjutan. Nawaithu yang lurus dan kuat menjadi prasyarat mutlak agar nilai dasar AKHLAK ini menyatu antara pikiran, nurani, dan perilaku,” jelasnya.

    Selain itu, Wapres mengingatkan, adanya permasalahan yang menerpa beberapa BUMN juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam penerapan AKHLAK.

    “Namun, sangat disayangkan bahwa beberapa BUMN mengalami masalah, hal ini menjadi ujian sekaligus momentum refleksi bagi kita semua, ketika BUMN bermasalah maka pasti penerapan core value AKHLAK-nya masih perlu diperbaiki,” ujarnya.

    Menutup sambutannya, Wapres menyampaikan ucapan selamat kepada lembaga BUMN yang menerima penghargaan pada setiap komponen AKHLAK, yaitu Amanah Tertinggi, Kompetensi Tertinggi, Harmonis Tertinggi, Loyal Tertinggi, Adaptif Tertinggi, dan Kolaboratif Tertinggi.

    “Semoga AKHLAK Award BUMN 2022 dapat menjadi teladan nyata keberhasilan transformasi budaya, serta menjadi gerakan moral untuk selalu berbuat lebih baik dan berubah lebih maju,” pungkasnya.

    Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyampaikan penerapan core value AKHLAK terus menunjukan hasil yang baik di BUMN, hal ini terlihat dari capaian peningkatan pendapatan BUMN yang semula hanya 13 Trilyun sekarang menjadi 126 Trilyun. Oleh karena itu Erick mengimbau untuk terus konsisten menerapkan core value AKHLAK, hingga ke lingkup yang lebih luas lagi.

    “Saya menekankan kepada seluruh BUMN, agar terus konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam melakukan pekerjaannya, dan nilai-nilai AKHLAK ini bisa juga diterapkan dalam lingkup yang lebih luas yaitu tentu di keluarga kita dan bermasyarakat, penerapan nilai AKHLAK ini saya yakini akan dapat senantiasa menjaga dan mempererat persatuan kita sebagai bangsa yang pada saaat ini tentu menghadapi tekanan-tekanan berat secara global,” tegasnya.

    “Kita harus menjadi negara yang mulai kokoh mengembangkan SDM kita, ini tentu untuk membawa kita ke depan, regenerasi juga ke depan dan continouitas ke depan, ayo jadikan Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia,” ajaknya.

    Sebagai informasi, ajang AKHLAK Award 2022 diikuti oleh 141 perusahaan yang terdiri dari 39 BUMN dan 102 Anak Perusahaan BUMN. Penilaian dilakukan oleh ACT Consulting, pada periode Juli-Juni 2022.

    AKHLAK Award 2022 diraih oleh 87 penerima penghargaan, yang terdiri dari Kategori Anak Perusahaan BUMN Per Klaster Industri yang diraih oleh 35 penerima penghargaan, Kategori Perusahaan BUMN Per Klaster Industri yang diraih oleh 20 penerima penghargaan, Kategori Perusahaan BUMN Per Nilai AKHLAK yang diraih oleh 30 penerima penghargaan, Kategori Penghargaan Khusus Komitmen Klaster yang diraih oleh 1 penerima penghargaan, dan Kategori Best Of The Best yang diraih oleh 1 penerima penghargaan yaitu PT. Telkom Indonesia, diterima oleh Direktur Utama PT. Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.

    Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, Pendiri ESQ Group/ACT Consulting Ary Ginanjar dan para Direksi BUMN.

    Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing M.Zulkarnain.

    Berita Terkait

    Presiden Kenakan Baju Adat Buton pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI

    Presiden memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Komitmen Pemerintah Jamin Ketercukupan Pangan Nasional

    Komitmen tersebut disampaikan Kepala Negara usai menerima Certificate of Acknowledgement dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) Selengkapnya

    Wapres Harapkan Dosen Jadi Garda Terdepan Cegah Radikalisme

    Dosen Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah p Selengkapnya

    Wapres Harapkan Anak Indonesia Terus Ukir Prestasi

    Wapres K.H. Ma’ruf Amin pun turut mengucapkan selamat dan berpesan agar anak Indonesia terus bersemangat dalam belajar untuk meraih cita-c Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA