FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 07-2022

    213

    GPDRR Jadi Pengalaman Penting Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo - Ajang internasional Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 Tahun 2022 yang berlangsung di Nusa Dua, Kuta, Bali pada tanggal 23 s.d. 28 Mei 2022 menjadi pengalaman penting Pemerintah dalam penyelenggaraan event internasional. Kegiatan internasional itu diikuti  4.923 delegasi dari 185 negara dan anggota observer dari anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai, Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah pertemuan GPDRR yang terselenggara secara berkelanjutan dan inklusif.

    "Saya mengharapkan penyelenggaraan GPDRR dapat menjadi batu loncatan untuk penyelenggaraan giat-giat internasional selanjutnya, seperti KTT G20, kemudian World Tourism Day di bulan September, dan World Conference On Creative Economy (WCCE) pada bulan Oktober," ungkapnya dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) Penyelenggaraan GPDRR, yang berlangsung secara daring dari Jakarta Pusat, Selasa (05/07/2022).  

    Bahkan Menko Muhadjir berharap dengan berhasil terselenggaranya giat GPDRR ini bisa menjadi pelajaran kita untuk pengambilan kebijakan strategis.

    "Khususnya di bidang kebencanaan, serta untuk penyelenggaraan giat-giat internasional selanjutnya, khususnya giat G20 yang akan diselenggarakan mendatang," tuturnya.

    Menurut Menko PMK, dengan kegiatan yang berlangsung sukses menjadi pengingat kepada publik untuk terus waspada dan mengetahui bagaimana kiat pengurangan risiko bencana.

    "Penyelenggaraan GPDRR juga memperteguh posisi Indonesia sebagai pemimpin G20 yang secara tidak langsung merupakan momen luar biasa untuk kita semua dan menunjukan daya tarik Indonesia," ujar Muhadjir 

    Menko Muhadjir menyatakan sukses pelaksanaan GPDRR juga memiliki arti penting dalam membantu proses pemulihan sosial ekonomi di Bali. 

    "Terselenggaranya giat GPDRR di Bali yang secara besar-besaran juga tidak menambah kasus Covid-19 signifikan. Alhamdulillah selama kita amati walaupun diselenggarakan secara besar-besaran tidak memiliki dampak signifikan dalam penambahan Covid-19," ujarnya.

    Menurut Menko PMK mengapresiasi kerja keras seluruh panitia nasional dari kementerian dan lembaga yang terlibat dalam penyelenggaraan GPDRR.  

    "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia nasional atas dukungan dan peran sertanya dalam menyukseskan penyelenggaraan GPDRR," ungkapnya.

    Dalam kesempatan itu, Kepala BNPB Suharyanto sebagai Wakil Ketua I Panitia Nasional GPDRR menyampaikan bahwa penyelenggaraan GPDRR berhasil di seluruh aspek, mulai dari bidang kesekretariatan, substansi, pengamanan, hospitality, pertemuan bilateral, pogram pendamping dan acara pendukung, serta pengamanan VVIP dan VIP delegasi.

    "Terdapat cukup banyak apresiasi dan komentar positif dari seluruh delegasi internasional, baik dari segi keamanan, substansi, dan  kesehatan khususnya antisipasi Covid-19," tuturnya.

    Kemudian yang tak kalah penting, Suharyanto memaparkan, nantinya hasil dari GPDRR juga akan dijadikan referensi dan ditindaklanjuti bersama Kementerian dan lembaga dalam implementasi programnya. "Nantinya, rapat evaluasi ini akan dilaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo," ujarnya.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate juga hadir dalam rapat itu. Kementerian Kominfo memberikan dukungan dalam penyediaan media center dan diseminasi informasi mengenai penyelenggaraan acara. Dalam kesempatan itu, hadir pula perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, TNI/Polri, Kemenparekraf,  Kemensetneg, Kemendes PDTT, Kementerian PUPR, Kemenperin, Kementerian Pembangunan Perencanaan Nasional (Bappenas), BMKG, perwakilan Pemprov Bali. 

    Berita Terkait

    Wapres Minta Manajemen Penyelenggaraan Haji Lebih Efisien

    Wapres pun mengapresiasi kinerja Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH periode ini, karena salah satunya berhasil memperoleh predikat opin Selengkapnya

    Bertemu Para Pimpinan Lembaga Negara, Presiden Bahas Krisis Global

    Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk terus waspada apabila APBN tidak lagi kuat untuk memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) s Selengkapnya

    Presiden Tekankan Pentingnya Peningkatan Sistem Kesehatan di Tanah Air

    Presiden meyakini bahwa RSUD dr. Soedarso yang memiliki luas tanah 26,63 hektare tersebut memiliki fasilitas modern yang mampu melayani dan Selengkapnya

    Wapres Tekankan Pentingnya Sektor Jasa Keuangan untuk Hadapi Gejolak Ekonomi Global

    Wapres menyampaikan harapan pemerintah terhadap penguatan sektor jasa keuangan agar semakin kuat di tengah tantangan ekonomi global. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA