FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 07-2022

    65

    Gandeng KBRI Tokyo, Kominfo Cari Investor Lewat VC Japan Enggagement

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Tokyo, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus  mencari investor yang ingin menanamkan saham untuk pengembangan startup digital di Tanah Air. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika menyatakan salah satu upaya yang dilakukan dengan menyelenggarakan Venture Capital (VC) Japan Engagement HUB.ID Summit 2022.

    “Kominfo berupaya  mendapatkan para investor yang terkurasi dan juga sedang fokus pada pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Pemerintah berkomitmen memperkuat ekonomi digital Indonesia dengan memberdayakan startup digital dan memaksimalkan digitalisasi sektor strategis,” tegasnya dalam Venture Capital Japan Engagement HUB.ID Summit 2022, di Tokyo, Jepang, Selasa (12/07/2022).

    Pada tanggal 5 s.d. 6 September mendatang di Nusa Dua, Badung, Bali, Kementerian Kominfo akan menyelanggarakan kembali pertemuan bisnis antara startup digital dengan para perusahaan modal ventura yang akan dilaksanakan pada 

    “Dengan nama HUB.ID Summit, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kerjasama bisnis dan investasi bagi startup digital yang terkurasi dan siap mengembangkan bisnisnya melalui berjejaring dan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” jelas Dirjen Semuel. 

    Menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, HUB.ID Summit merupakan upaya Pemerintah membantu 80 startup digital dari early stage (seeds sampai dengan series A). Selain itu juga menghadirkan lebih dari 50 perwakilan perusahaan modal ventura selama penyelenggaraan acara.

    “Kominfo pun mendorong beberapa inisiatif untuk tahapan yang berbeda mulai tahap awal pembentukan startup sampai tahap startup siap mendapatkan investasi di program HUB.ID. Kami juga menghadirkan venture capital seperti DG Ventures, MUFG, Digital Garage, Beenos, Rebright Partners, dan banyak lainnya,” tuturnya. 

    Dirjen Semuel menjelaskan keuntungan startup digital, VCs, dan mitra bisnis yang hadir dalam HUB.ID Summit 2022. “Nantinya adalah akan adanya acara sejenis dalam lingkup kepesertaan dari negara-negara G20 yaitu G20 Digital Innovation Network,” ungkap Dirjen Semuel

    Untuk menghadirkan perwakilan 5 VC dan 5 startup digital dari total 100 VC dan 100 startup masing-masing negara anggota G20, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menggandeng Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo Jepang.

    Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, mengatakan KBRI Tokyo mendukung program-program yang dapat memfasilitasi koneksi dan membuat pasar digital Indonesia menjadi lebih mudah diakses. 

    “Dalam hal ini, kami ingin memastikan bahwa teknologi digital juga membantu memberdayakan masyarakat dan menggerakkan perekonomian,” jelasnya.

    Dubes Heri menilai, sebagai mitra strategis, Indonesia dan Jepang perlu bekerja sama untuk memetik manfaat ekonomi sepenuhnya dari sektor ekonomi digital Indonesia yang sedang berkembang.

    “Pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan terkait sadar akan pentingnya startup digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di bidang digital,” ujarnya.

    Bagi startup digital, investor, dan mitra bisnis yang ingin mengikuti HUB.ID Summit 2022 masih terbuka dan dapat langsung mendaftar di https://summit.hub.id.

    Berita Terkait

    Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia, Kominfo Perkuat Manajemen ASN

    Kementerian Kominfo melakukan transformasi SDM Aparatur dengan mempertemukan antara ekspektasi individu ASN dan organisasi instansi pemerint Selengkapnya

    Antisipasi 5G dan IoT, Kominfo Dorong Implementasi IPv6

    Kominfo mendorong impementasi Internet Protocol Address (IP Address) versi 6 sebagai standar pengalamatan. Selengkapnya

    Bangun Kepercayan Publik, Kominfo Dorong Kolaborasi Peran Humas

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mendorong kolaborasi peran humas kementerian dan lembaga melalui agenda setting agar bisa memunculkan public Selengkapnya

    Lantik 21 Pejabat Fungsional, Kominfo Dorong Tingkatkan Profesionalisme

    Pengangkatan jabatan fungsional merupakan sarana pengembangan profesionalisme dan pembinaan karier Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA