FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 07-2022

    292

    UMKM NTT Meramaikan Pertemuan Ketiga DEWG G20 Labuan Bajo

    Kategori Berita Kominfo | adhi004
    Menkominfo Johnny G Plate mengunjungi salah satu stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal asal Nusa Tenggara Timur (NTT) usai membuka sidang hari pertama Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau 3rd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (20/7/2022). - (infopublik/riyadhi)

    Manggarai Barat, Kominfo - Usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal dari Nusa Tenggara Timur (NTT), turut meramaikan Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau 3rd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20 yang digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada tanggal 20 s.d. 22 Juli 2022.

    Pantauan InfoPublik di lokasi acara Rabu (20/7/2022), pelaku UMKM terlihat sibuk mempromosikan produk kepada delegasi dan tamu undangan yang hadir dalam pertemuan itu.

    Produk yang mereka hadirkan di antaranya, kain tenun, kopi, snack atau cemilan, minuman tradisional (sari kunyit dan jahe), suvenir dan produk asli NTT lainnya.

    Tak hanya itu, tiga perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia (provider) jasa layanan telekomunikasi selular seperti Telkomsel, Indosat dan XL Axiata juga ikut memeriahkan pameran tersebut.

    Ada juga WIR Group yang menampilkan teknologi metaverse yakni melalui aplikasi virtual reality dan augmented reality. Dalam pameran tersebut, para delegasi dapat mencoba dua teknologi metaverse hasil karya anak bangsa yang telah mendunia itu.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, pun menyempatkan diri untuk menyambangi beberapa stan UMKM. Beberapa pelaku UMKM yang terlibat merupakan bawaan dari badan usaha milik daerah (BUMD) Perumda Bidadari Kabupaten Manggarai Barat yang berkolaborasi dengan dinas UMKM.

    Direktur BUMD Perumda Bidadari Manggarai Barat, Werry, menyatakan dalam event DEWG G20 itu, pihaknya menggandeng beberapa pelaku UMKM untuk ikut serta memperkenalkan produknya kepada para delegasi dan tamu undangan yang hadir.

    "Untuk acara di sini, kita membawa lima pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya" kata Werry ketika ditemui InfoPublik, Selasa (20/7/2022).

    Namun, terang Werry, untuk produk UMKM yang dipamerkan jumlahnya cukup banyak. Produk tersebut berasal dari para pelaku UMKM di Manggarai Barat.

    Menurut Werry, para pelaku UMKM menyambut positif, karena telah ikut terlibat dalam event itu.

    "Mereka sangat senang sekali, karena mereka diberikan kesempatan untuk mempromosikan produknya langsung," jelas dia.

    Para pelaku UMKM pun berharap agar pemerintah bisa terus mengajak mereka terlibat, sehingga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Labuan Bajo ikut merasakan, adanya manfaat dari event G20.

    Dalam pertemuan ketiga DEWG itu, hadir 20 delegasi negara-negara G20 terdiri atas 17 delegasi hadir fisik dan 3 delegasi menghadiri secara virtual. Hadir pula dua negara undangan serta tiga organisasi internasional.

    Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Digital itu akan fokus pada pembahasan utama tentang arus data lintas negara dan pemanfaataan data secara berkeadilan di tengah transformasi digital global atau Cross Border Data Free Flow and Data Free Flow With Trust.

    Sebelumnya, pada pertemuan pertama dan kedua DEWG G20 telah membahas dua isu lainnya yaitu “Connectivity and Post Covid-19 Recovery" serta Digital Skill and Digital Literacy.

    Sumber: infopublik.id

    Berita Terkait

    Sinyal 5G di Pertemuan Keempat DEWG dan DEMM G20 Berstandar Internasional

    Hadirnya sinyal 5G yang dilakukan oleh PT Telkomsel telah sesuai dengan acuan yang diterbitkan lembaga international Telecommunications Unio Selengkapnya

    Terapkan Prokes Ketat, Pertemuan Keempat DEWG G20 Nihil COVID-19

    Para delegasi yang hendak melakukan tes swab wajib menerapkan prokes ketat, dengan menggunakan masker ketika berada di dalam dan luar ruanga Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Buka Pertemuan 4th DEWG Meeting

    Menkominfo Johnny G. Plate membuka pertemuan keempat DEWG G20 yang berlangsung di Mulia Resort Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin (29/08/2022). Selengkapnya

    12 Stan Ramaikan Pameran Transformasi Digital ITF-DEWG G20

    Pameran itu diharapkan dapat menjadi platform untuk memfasilitasi negara anggota G20 dan ITF-DEWG untuk berinteraksi, berjejaring, serta mem Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA