FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 08-2022

    308

    Kominfo Wacanakan Wisata Metaverse Candi Borobudur

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta Pusat, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong menyatakan Pemerintah berencana mengembangkan wisata Candi Borobudur secara virtual dengan menerapkan teknologi metaverse.

    “Mungkin ke depan (obyek wisata) bisa dikembangkan dengan teknologi metaverse misalnya seperti Candi  Borobudur. Ini menjadi wacana di Kementerian Komunikasi dan Informatika,” katanya di Jakarta Pusat, Rabu (03/08/2022).

    Menurut Dirjen Usman wacana penerapan teknologi metaverse ini muncul seiring dengan diterapkannya larangan atau pembatasan memasuki bangunan Candi Borobudur bagi pengunjung umum, sebagai upaya menjaga kelestarian obyek wisata tersebut.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan dengan teknologi ini, para pengunjung yang berwisata ke Candi Borobudur bisa tetap merasakan menaiki bangunan bersejarah ini tanpa harus mengunjunginya secara langsung.

    “Tentu harus disiapkan gantinya kalau dibatasi (untuk menaiki bangunan candi) kan begitu. Nah salah satunya dengan menggunakan teknologi metaverse. Jadi orang bisa melihat secara virtual Candi Borobudur tidak harus langsung ke sana,” tuturnya.

    Dirjen Usman Kansong optimistis penerapan teknologi canggih ini akan bisa direalisasikan karena sudah menjadi wacana Menteri Kominfo Johnny G Plate.

    "Menteri Johnny yang telah berkunjung langsung ke Candi Borobudur belum lama ini ingin ada upaya serius dalam menjaga kelestarian bangunan warisan budaya nasional ini. Jadi tidak harus orang naik ke atas Candi Borobudur ya, karena semakin banyak orang yang naik, maka lapisan batu candinya akan menipis dan (metaverse) ini untuk kelestariannya,” jelasnya.

    Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu menjelaskan untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur, Pemerintah bersinergi dengan Pemerintah Daerah beserta institusi terkait untuk melakukan aksi bersih-bersih desa sekitar Borobudur.

    Selain itu pemerintah akan melakukan pendampingan serta pelatihan untuk pengelolaan sampah dan penyaluran hasil kerajinan masyarakat di sekitar kawasan candi dan mengembangkan Desa-desa wisata.

    “Ini suatu sistem pariwisata yang bisa mengalihkan dampak ekonomi akibat pandemic yang begitu besar-besar terhadap sektor wisata,” tuturnya.

    Sumber: infopublik

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Badan Publik Tingkatkan Keterbukaan Informasi

    Keterbukaan informasi adalah amanat UU, sehingga harus mendapat jaminan, meskipun 13 tahun setelah diundangkan, UU KIP tidak berjalan dengan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Tinjau Infrastruktur Digital di Kawasan Candi Borobudur

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meninjau kondisi infrastruktur digital di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selengkapnya

    Menteri Johnny Akan Tinjau Infrastruktur TIK di Kawasan Candi Borobudur

    Menkominfo akan membahas dukungan ekosistem komunikasi dan informatika untuk pengembangan kawasan Candi Borobudur. Selengkapnya

    Kominfo Gandeng TNI-AL Tingkatkan Sinergi Dukungan Data dan Informasi

    Kerja sama dengan TNI AL merupakan momentum yang sangat baik untuk saling mendukung ketersediaan data dan informasi. Mengingat kerjasama ter Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA