FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 08-2022

    749

    Kominfo Luncurkan Prangko Seri APG dan Prajurit Kraton Solo

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Surakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan dua prangko seri khusus yaitu seri ASEAN Paragames (APG) XI Solo dan Prajurit Keraton Solo di Balaikota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (05/08/2022). 

    "Penandatanganan dua prangko itu istimewa, karena peristiwa yang diabadikan dalam media prangko yang tidak mungkin terulang kembali," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Ismail, saat memberikan keterangan pers. 

    Menurut Dirjen Ismail, tujuan peluncuran dua prangko tersebut untuk merekam peristiwa sejarah membanggakan yang pernah terjadi di Kota Solo agar dapat terus diingat oleh seluruh bangsa.

    "Desain prangko yang berkaitan dengan ASEAN Paragames Solo terdiri dari empat jenis yakni seri para powerlifting, paraarchery, wheelchair tennis, dan paraathletic. Prangko itu juga merekam Kota Solo telah dua kali menyelenggarakan ajang ASEAN Para Games pada 2011 dan 2022," jelasnya. 

    Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo menyatakan peristiwa itu menjadi pertimbangan untuk meluncurkan Prangko seri khusus ASEAN Paragames Solo. Sehingga, masyarakat dapat mengetahui Solo pernah menyelenggarakan kegiatan kompetisi olahraga penyandang disabilitas tingkat Asia Tenggara. 

    "Prangko mampu merekam sebuah aktivitas kehidupan sejarah yang penting di dalam perjalanan sejarah suatu negara," tandasnya.

    Kemudian, desain prangko kedua berlatar belakang Prajurit Keraton Solo. Peluncuran tema desain itu, sebagai bentuk penghargaan kepada keraton yang telah menjadi palang pintu kebudayaan Jawa sejak dahulu. 

    Keraton Solo memiliki komitmen yang tinggi dalam melestarikan setiap budaya Jawa yang diwariskan secara turun temurun. Dengan begitu, kebudayaan itu dapat terus diketahui oleh generasi penerus bangsa dalam kurun waktu hingga ratusan tahun ke depan. 

    "Suatu institusi yang luar biasa menjaga adiluhung budaya Jawa di Indonesia," tandas Dirjen Ismail.

    Seremoni peluncuran prangko seri khusus ASEAN Paragames 2022 menggunakan kirab budaya dari Kori Kamandungan Keraton Surakarta menuju Balaikota Surakarta. Kirab budaya Prangko seri khusus ASEAN Paragames diiringi oleh total 110 orang, yang terdiri dari 75 prajurit dalam Keraton Surakarta dan 35 pelajar dari Pramuka. 

    Sedangkan, pelajar Pramuka yang ikut mengiringi menggunakan menggunakan bendera merah putih, serta berpakaian lengkap baret khas pelajar Pramuka. 

    Prangko seri khusus ASEAN Para Games dan Prajurit Keraton Solo tersebut, diarak dari mulai Kamandungan Keraton Surakarta hingga Balaikota Surakarta yang berjarak sekitar 1,2 kilometer (km).  

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA