FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 08-2022

    811

    Lewat Pro Academy DTS Batch 3, Kominfo Dorong Reskilling dan Upskilling Talenta Digital

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Tangerang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali membuka pelatihan Professional Academy Batch ke-3 di tahun 2022 dalam program Digital Talent Scholarship (DTS). Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hedi Idris menyatakan, pelatihan tersebut manergetkan peserta yang mempunyai pengalaman kerja di semua sektor. 

    “Kita di Digital Talent Scholarship punya beberapa akademi, dan hari ini Pembukaan Pro Academy Batch 3 tahun 2022 untuk teman-teman yang sudah bekerja ataupun pernah bekerja,” ujarnya dalam Pembukaan Pelatihan Professional Academy Batch III yang berlansung secara virtual dari ICE BSD, Tangerang, Jumat (05/08/2022).

    Menurut Hedi Idris, penyelenggaraan program Professional Academy merupakan bentuk komitmen pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk terus meningkatkan keterampilan talenta digital nasional. 

    “Jadi kita reskilling dan upskilling agar terus keep up dengan perkembangan teknologi, karena kita tidak boleh berhenti belajar. Walaupun sudah bekerja, kita terus meningkatkan keterampilan sehingga setiap tahunnya kita lakukan pelatihan-pelatihan,” jelasnya.

    Dari pelatihan batch pertama hingga ketiga, peserta Professional Academy telah diikuti sekitar 28 ribu dari total target 35 ribu peserta di tahun 2022. Kementerian Kominfo berharap sisa batch keempat yang ditargetkan pelatihannya pada September nanti akan diikuti oleh calon talenta digital.

    “Pelatihannya di tahun ini ada empat batch dan sekarang sudah tiga batch. Sampai akhir tahun nanti mudah-mudahan target 35 ribu peserta untuk Pro Academy itu bisa tercapai, sekarang sudah hampir mencapai 28 ribu pesertanya, kita sedang mencari untuk satu batch lagi sebanyak 7 ribu,” jelasnya.

    Hedi Idris menjelaskan untuk memenuhi target peserta Professional Academy di tahun 2022, Kementerian Kominfo terus memberikan sosialisasi yang masif, termasuk menggandeng mitra-mitra kerja baik dari global technology company maupun startup lokal.

    “Untuk Pro Academy ini pesertanya dari ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun yang dari dunia swasta, baik itu dosen maupun pegawai yang memerlukan pelatihan-pelatihan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) bisa ikut di Pro Academy,” ujarnya. 

    Adapun tema-tema pelatihan Professional Academy AWS Cloud Foundations, AWS Cloud Architect, Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, Google Cloud Fundamental, 3D Asset for Composition Design, Golang, Ruby, Internet of Things, UI UX Design, dan Alibaba Cloud Associate.

    “Semua pelatihan ini online, jadi untuk peserta sepanjang mereka sudah bekerja atau sudah mempunyai pengalaman di dunia kerja, apapun background-nya dan apapun segala jenis pekerjaannya silahkan ikut bergabung di Pro Academy,” tandasnya.

    Kementerian Kominfo juga membuka kesempatan bagi setiap mitra kerja untuk menyukseskan program-program pelatihan talenta digital nasional, khususnya Professional Academy dalam menyiapkan calon tenaga kerja Indonesia yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang TIK. 

    “Sebetulnya kami bermitra selain dengan global technology company juga ada dengan startup unicorn maupun lokal edutech. Jadi silakan untuk para mitra, kita siap bermitra sepanjang memang temen-temen mitra juga menyiapkan jenis-jenis pelatihan yang kita butuhkan,” jelasnya. 

    Dalam pembukaan pelatihan Professional Academy, mitra kerja hadir secara langsung perwakilan dari DQLab Marisca Gracelia, HelloMotion Ade Putra Lestari, Progate Norman Ganto, Indobot Eva Kurnia Sari, Skilvul William Hendradjaja.

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA