FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 08-2022

    216

    Lewat Pro Academy DTS Batch 3, Kominfo Dorong Reskilling dan Upskilling Talenta Digital

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Tangerang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali membuka pelatihan Professional Academy Batch ke-3 di tahun 2022 dalam program Digital Talent Scholarship (DTS). Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hedi Idris menyatakan, pelatihan tersebut manergetkan peserta yang mempunyai pengalaman kerja di semua sektor. 

    “Kita di Digital Talent Scholarship punya beberapa akademi, dan hari ini Pembukaan Pro Academy Batch 3 tahun 2022 untuk teman-teman yang sudah bekerja ataupun pernah bekerja,” ujarnya dalam Pembukaan Pelatihan Professional Academy Batch III yang berlansung secara virtual dari ICE BSD, Tangerang, Jumat (05/08/2022).

    Menurut Hedi Idris, penyelenggaraan program Professional Academy merupakan bentuk komitmen pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk terus meningkatkan keterampilan talenta digital nasional. 

    “Jadi kita reskilling dan upskilling agar terus keep up dengan perkembangan teknologi, karena kita tidak boleh berhenti belajar. Walaupun sudah bekerja, kita terus meningkatkan keterampilan sehingga setiap tahunnya kita lakukan pelatihan-pelatihan,” jelasnya.

    Dari pelatihan batch pertama hingga ketiga, peserta Professional Academy telah diikuti sekitar 28 ribu dari total target 35 ribu peserta di tahun 2022. Kementerian Kominfo berharap sisa batch keempat yang ditargetkan pelatihannya pada September nanti akan diikuti oleh calon talenta digital.

    “Pelatihannya di tahun ini ada empat batch dan sekarang sudah tiga batch. Sampai akhir tahun nanti mudah-mudahan target 35 ribu peserta untuk Pro Academy itu bisa tercapai, sekarang sudah hampir mencapai 28 ribu pesertanya, kita sedang mencari untuk satu batch lagi sebanyak 7 ribu,” jelasnya.

    Hedi Idris menjelaskan untuk memenuhi target peserta Professional Academy di tahun 2022, Kementerian Kominfo terus memberikan sosialisasi yang masif, termasuk menggandeng mitra-mitra kerja baik dari global technology company maupun startup lokal.

    “Untuk Pro Academy ini pesertanya dari ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun yang dari dunia swasta, baik itu dosen maupun pegawai yang memerlukan pelatihan-pelatihan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) bisa ikut di Pro Academy,” ujarnya. 

    Adapun tema-tema pelatihan Professional Academy AWS Cloud Foundations, AWS Cloud Architect, Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, Google Cloud Fundamental, 3D Asset for Composition Design, Golang, Ruby, Internet of Things, UI UX Design, dan Alibaba Cloud Associate.

    “Semua pelatihan ini online, jadi untuk peserta sepanjang mereka sudah bekerja atau sudah mempunyai pengalaman di dunia kerja, apapun background-nya dan apapun segala jenis pekerjaannya silahkan ikut bergabung di Pro Academy,” tandasnya.

    Kementerian Kominfo juga membuka kesempatan bagi setiap mitra kerja untuk menyukseskan program-program pelatihan talenta digital nasional, khususnya Professional Academy dalam menyiapkan calon tenaga kerja Indonesia yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang TIK. 

    “Sebetulnya kami bermitra selain dengan global technology company juga ada dengan startup unicorn maupun lokal edutech. Jadi silakan untuk para mitra, kita siap bermitra sepanjang memang temen-temen mitra juga menyiapkan jenis-jenis pelatihan yang kita butuhkan,” jelasnya. 

    Dalam pembukaan pelatihan Professional Academy, mitra kerja hadir secara langsung perwakilan dari DQLab Marisca Gracelia, HelloMotion Ade Putra Lestari, Progate Norman Ganto, Indobot Eva Kurnia Sari, Skilvul William Hendradjaja.

    Berita Terkait

    Puncak Gernas BBI 2022, Kominfo Dorong Pelaku UMKM di Papua Masuk Dunia Digital

    Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan pihak marketplace salah satunya adalah Idea untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para Selengkapnya

    Sasar Komunitas dan Kelompok Milenial Kota Batu, Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital

    Teknologi informasi yang berkembang sangat cepat belum bisa diimbangi perkembangan sumber daya manusia yang mumpuni. Selengkapnya

    Menkominfo Soroti Tiga Aspek Penting Pengembangan Talenta Digital

    Menkominfo menyoroti dukungan stakeholders, lompatan kebijakan dan pengelolaan pendidikan serta peran perempuan di bidang transformasi digit Selengkapnya

    Hadiri FEKDI 2022, Menkominfo Ungkap Percepatan Pembangunan Infrastruktur Digital

    Menkominfo menyampaikan upaya percepatan pembangunan infrastruktur digital di sektor hulu dan hilir terus dilakukan di seluruh Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA