FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 08-2022

    188

    [DISINFORMASI] Video Evakuasi Minyak Goreng Kemasan di Laut Jawa

    Kategori Hoaks | Viska

    Penjelasan :

    Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan ratusan minyak goreng kemasan mengambang di laut. Dalam video itu terlihat seorang pria berenang sambil mengambil minyak goreng kemasan tersebut dari laut. Unggahan tersebut juga disertai klaim bahwa peristiwa itu merupakan proses evakuasi minyak goreng kemasan di Laut Jawa.

    Berdasarkan penelusuran cek fakta liputan6.com yang mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images, ditemukan beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Heboh! Video Ratusan Minyak Goreng Kemasan Tumpah di Laut" yang dimuat situs detik.com pada 5 Agustus 2022. Kepada Detikcom, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menegaskan bahwa kejadian minyak goreng kemasan mengambang di laut tersebut bukan terjadi di Laut Jawa, melainkan di Selat Malaka, perairan Riau. Insiden tersebut disebabkan oleh kecelakaan kapal kargo yang mengangkut bahan pokok. Untuk memperjelas pernyataannya, Syailendra juga mengirimkan sebuah video kepada Detikcom tentang adanya kecelakaan Kapal Kargo Aneka Maju yang terjadi di Selat Malaka, perairan Riau. Tampak juga dari video tersebut ratusan minyak goreng kemasan jatuh ke laut.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link counter:

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Video Wakil Ketua Banggar DPR RI Tersungkur setelah Menyetujui Penarikan LPG 3 Kg dan Penghapusan Daya Listrik 450 VA

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ma'ruf Amin Minta Rakyat Pakai Kayu Bakar untuk Masak

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pencurian di Kapal Motor Nggapulu

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Unjuk Rasa Mahasiswa Terkait Kenaikan Harga BBM dan Tuntut Presiden Jokowi Mundur

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA