FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 08-2022

    1020

    Pemerintah Luncurkan "Gim Anak Bangsa”? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar cuitan di media sosial Twitter yang disertai gambar tangkapan layar situs mengatasnamakan “Portal Gim Anak Bangsa”.

    Konon dalam situs tersebut terdapat gambar Garuda Pancasila dan foto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, dari antaranews.com, situs “Portal Gim Anak Bangsa” tidak ditemukan dalam penelusuran internet.

    Selain itu, tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah yang menyatakan bahwa penyedia layanan permainan digital tersebut milik pemerintah.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (05/08/2022):

    1. [DISINFORMASI] Artikel Wartakota Berjudul "Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN mencapai Rp6 Miliar"
    2. [HOAKS] Pemerintah Luncurkan Situs "Portal Gim Anak Bangsa”

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA