FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 08-2022

    1344

    Menkominfo Dorong IJTI Wujudkan Cita-Cita Reformasi

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menkominfo Johnny G. Plate dalam Perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 IJTI, yang berlangsung secara hibrida dari Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (09/08/2022). - (AYH)

    Jakarta Pusat, Kominfo  - Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Keberadaan internet telah memungkinkan setiap individu mengakses informasi dalam dalam hitungan detik dari beragam perangkat atau gawai dengan standar video high definition (HD) maupun super high definition.

    Di tengah perubahan yang terjadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) agar tetap mewujudkan cita-cita reformasi.

    “Perubahan perilaku konsumsi media menciptakan dinamika persaingan baru. IJTI adalah anak kandung reformasi. Jadi menjadi tugasnya IJTI untuk mewujudkan cita-cita reformasi,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam Perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 IJTI, yang berlangsung secara hibrida dari Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (09/08/2022) malam.

    Menurut Menkominfo, keberadaan IJTI akan menjadi bagian dalam upaya menciptakan kemerdekaan pers dan jurnalistik positif.

    “Ahli warisnya adalah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia. Saya kira begitu menyebut IJTI dan journalism, kebebasan, kemerdekaan pers dan jurnalistik positif, tidak saja dibebankan tugasnya pada IJTI. Ikatan Jurnalis Televisi adalah salah satu instrumen, bagian yang intern tetapi juga jurnalis dan industrialisme,” ungkapnya.

    Sejalan dengan tema Tasyakuran HUT ke-24 IJTI, Menjaga Kemerdekaan Pers dan Merawat Jurnalisme Positif, Menteri Johnny menyatakan di era sekarang jurnalis tidak bisa berjalan sendiri tanpa bergandengan tangan dengan industrialis.

    “Apalagi tantangan jurnalisme tidak saja berkaitan dengan kualitas jurnalisnya dan jurnalismenya, tetapi berkaitan dengan kompetisi industrialis. Ini tantangan era sekarang yang harus kita pahami bersama. Makanya, dalam mewujudkan cita-cita reformasi, kita harus open minded dan globe minded. Tidak bisa kita persempit,” tuturnya.

    Oleh karena itu, Menkominfo mendorong keterlibatan industri untuk mendukung pengembangan jurnalisme positif.

    “Saya ingin nanti berikutnya industrialis hadir juga, supaya kalau kita berbicara terkait perubahan dan antisipasi, itu betul-betul juga didukung oleh industrialisnya. Jangan hanya pegang sempoanya saja, tetapi kita melihat konteks secara menyeluruh tingkat persaingan perubahan kompetisi di era sekarang,” ungkapnya.

    Menurut Menteri Johnny, keberadaan media Over-the-Top (OTT) yang melangkahi platform televisi kabel, televisi siaran dan media online mainstream lain membuat kontrol mengendur atas konten yang dikonsumsi oleh masyarakat.

    “Ini tantangan real media mainstream konvensional, tantangan real jurnalisme pertelevisian, tantangan real IJTi dan industri pertelevisian kita. Tidak bisa kita hindari. Jurnalisme positif dan kemerdekaan pers selalu harus dikaitkan dengan perubahan-perubahan ini. Suatu keputusan besar yang harus diambil bersama-sama. Itulah jurnanilsme positif dan kebebesan kemerdekaan pers,” tandasnya.

    Hadir dalam acara Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Herik Kurniawan dan Sekjen IJTI Usmar Almarwan. Selain itu hadir secara fisik maupun virtual pengurus IJTI, Ketua dan Anggota Dewan Pers, serta jurnalis televisi.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA