FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 08-2022

    501

    HUT Ke-77 RI, Naskah Asli Teks Proklamasi Kembali Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo - Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta Pusat, Selasa (16/08/2022). Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno tersebut akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2022 esok.

    “Ini adalah tahun ketiga Setpres bekerja sama dengan ANRI dengan tujuan untuk menghadirkan dan menyandingkan naskah proklamasi tersebut dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022,” ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko dalam sambutannya.

    Sony menjelaskan bahwa tim dari ANRI telah melakukan penilaian terhadap kondisi ruang penyimpanan naskah di Istana Merdeka, mulai dari suhu ruangan hingga tingkat kelembapan. Hal itu penting dilakukan mengingat naskah asli teks proklamasi tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa yang memiliki nilai yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

    “Alhamdulillah ruangan di Istana Merdeka telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara naskah proklamasi tersebut,” ucap Sony.

    Selain itu, Setpres juga telah mengikuti proses penilaian risiko yang dilakukan oleh ANRI secara berkala setiap tahunnya sebagai upaya dari ANRI untuk menjaga memori kolektif bangsa. Sony pun yakin dokumen negara berupa naskah asli teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang diserahterimakan pada hari ini dalam kondisi terawat dengan baik.

    Untuk itu, Sony menyampaikan apresiasi kepada ANRI yang telah bekerja sama dan memberikan dukungan sehingga acara serah terima naskah asli teks proklamasi dapat berjalan dengan baik. Sony mengatakan bahwa Sekretariat Presiden akan segera mengembalikan naskah asli teks proklamasi kepada ANRI pada tanggal 18 Agustus 2022 mendatang.

    “Kami mewakili pimpinan Setpres mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan kerja sama dari ANRI atas terselenggaranya kegiatan ini,” tutur Sony.

    Senada, Kepala ANRI Imam Gunarto dalam sambutannya turut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam acara serah terima naskah asli teks proklamasi selama tiga tahun terakhir untuk ikut serta dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

    “Pagi ini tanggal 16 Agustus 2022, seperti kita telah lakukan di tahun-tahun sebelumnya ANRI dan Sekretariat Presiden, Sekretariat Negara, bersama-sama menyiapkan upacara penghantaran pusaka bangsa naskah proklamasi tulisan tangan Bung Karno asli ikut dalam prosesi suci Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Imam.

    Turut hadir dalam acara tersebut adalah Sekretaris Utama ANRI Rini Agustiani, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI Kandar, Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan, Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan Kementerian Sekretariat Negara Sinta Puspitasari, Direktur Preservasi Arsip ANRI Agus Santoso, serta Direktur Layanan dan Pemanfaatan Arsip ANRI Multi Siswati.

    Berita Terkait

    Pemerintah Undang Investor Kembangkan Infrastruktur dan Penunjang Pariwisata di Nusa Penida

    Untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja Selengkapnya

    Duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi Kembali ke Monas Diiringi Kirab Budaya

    Setibanya di Monas, duplikat bendera Merah Putih dan naskah asli teks proklamasi diserahkan oleh Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila kepada Selengkapnya

    Perluas Pasar UMKM dan Hasil Pertanian dengan Digitalisasi di Pedesaan

    Wapres menyampaikan, penggunaan teknologi digital di wilayah perdesaan diyakini akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat desa. Selengkapnya

    Presiden Temui Delegasi Bank Dunia di Istana Merdeka

    Pertemuan membahas beberapa hal penting seperti Presidensi G20 Indonesia, transisi energi, lingkungan, penanganan pandemi Covid-19, hingga i Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA