FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2022

    158

    Presiden Kenakan Baju Adat Buton pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003
    Pada Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2022), Presiden Joko Widodo memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara - (BPMI)

    Jakarta Pusat, Kominfo - Presiden Joko Widodo akan kembali mengenakan pakaian adat daerah dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Tahun 2022. Presiden memilih baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

    “Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, beberapa waktu sebelum upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2022).

    Presiden Joko Widodo memang kerap mengenakan baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI. Pada perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017 misalnya, Presiden mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Selatan.

    Dalam peringatan HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Presiden Joko Widodo memilih pakaian adat Aceh untuk dikenakan. Selanjutnya pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden mengenakan baju adat Klungkung dari Provinsi Bali.

    Setelah itu, pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo. Adapun pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

    Menurut Presiden Joko Widodo, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Oleh karena itu, Presiden akan terus mengangkat berbagai pakaian adat tersebut untuk dipakai dalam berbagai kesempatan.

    “Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” ucap Presiden pada HUT ke-75 RI.

    Selesai menjawab pertanyaan wartawan, Presiden Joko Widodo kemudian menghampiri tamu undangan yang hadir di tenda undangan dan menyapa undangan di tenda utama termasuk para duta besar negara sahabat yang hadir.

    Berita Terkait

    Wapres Serahkan Bantuan Kemensos dan BPJAMSOSTEK kepada Warga

    Wapres menyatakan, bantuan yang diberikan merupakan komitmen pemerintah. Selain sebagai upaya merespon kenaikan harga BBM, bantuan juga dibe Selengkapnya

    Presiden Dorong Peningkatan Produksi Kedelai Nasional

    Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan antara lain agar jajarannya bisa menentukan harga kedelai agar petani tidak dirugikan. Selengkapnya

    Presiden: Pembagian Bantuan Sosial Harus Mudah, Cepat, dan Tepat Sasaran

    Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara dalam keterangannya bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah Selengkapnya

    Presiden Tinjau Penyerahan Bantuan Sosial di Kantor Pos Kepulauan Aru

    Presiden menyampaikan bahwa pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) kepada para penerima manfaat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA