FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 08-2022

    914

    Puncak Gernas BBI 2022, Kominfo Dorong Pelaku UMKM di Papua Masuk Dunia Digital

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Jayapura, Kominfo - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 (Gernas BBI) merupakan bagian dari percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Melalui gerakan itu, Pemerintah mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk naik kelas dan berdaya saing global dengan memanfaatkan ekosistem digital.

    "Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong bagaimana pelaku UMKM bisa berkolaborasi ke dalam dunia digital atau bertransformasi ke dunia digital," kata Direktur Informasi, Komunikasi, Perekonomian dan Maritim (IKPM), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, di GOR Cenderawasih Papua, Jayapura, Selasa (23/08/2022).

    Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan pihak marketplace salah satunya adalah Idea untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM.

    "Pelatihan contohnya bagaimana terkait packaging. Termasuk cara penjualanya di dunia digital," jelas Direktur IKPM Ditjen IKP.

    Selain itu, Kementerian Kominfo juga terus memperkuat infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung UMKM di Papua bisa go digital.

    "Kita sudah membangun 7.734 jaringan internet atau BTS di seluruh Indonesia. Setengahnya ada di Provinsi Papua dan Papua Barat," tuturnya.

    Dengan adanya infrastruktur jaringan internet tersebut, Pemerintah mengharapkan dapat memberikan dampak dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

    "Itu adalah kolaborasi besar bagaimana kita saling mendukung. Bagaimana kita tahu bahwa UMKM adalah soko guru perekonomian Indonesia," ujarnya.

    Menurut Direktur Septriana, Kementerian Kominfo menjadi campaign manager dalam pelaksanaan Gernas BBI di Provinsi Papua selama Juni- Agustus 2022 dengan tema “Binar Digital Papua”. 

    Seluruh rangkaian kegiatan tersebut diharapkan agar transformasi digital dapat dinikmati dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

    Adapun puncak acara akan dilaksanakan di GOR Cenderawasih Papua pada Rabu (24/82022). Acara tersebut diramaikan dengan pameran produk UMKM, pertunjukan tarian budaya Papua, artis Papua, fashion show, peresmian Binar Digital Papua dan lainnya.

    Peresmian Pembukaan Acara BBI “Binar Digital Papua” akan ditandai dengan pemukulan Tifa.

    Acara itu juga rencananya akan dihadiri secara offline dan online oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menkominfo Johnny G Plate, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

    Kemudian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA