FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2022

    880

    12 Stan Ramaikan Pameran Transformasi Digital ITF-DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    - (Pey)

    Badung, Kominfo –  Sejumlah 12 stan dari 12 perusahaan dan 2 instansi pemerintah meramaikan pameran Gugus Tugas Industri Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Industry Task Force Digital Economy Working Group (ITF-DEWG), selama penyelenggaraan Pertemuan Keempat atau 4th DEWG Meeting G20 di kawasan Hotel Mulia, Nusa Dua, Provinsi Bali.

    “Beberapa stan juga akan menyediakan permainan interaktif yang dapat dimainkan oleh kita semua, untuk melepas penat dan mengistirahatkan pikiran sejenak dari diskusi yang panjang,” kata Sekjen Kementerian Kominfo sekaligus Chair DEWG G20 Mira Tayyiba di Nusa Dua, Bali, pada Minggu (28/8/2022).

    Sekjen Mira menjelaskan, pameran atau showcase itu, menampilkan gambaran transformasi digital Indonesia dari berbagai sektor yang meliputi empat pilar transformasi digital yaitu, infrastruktur digital (digital infrastructure), pemerintahan digital (digital governance), ekonomi digital (digital economy) dan masyarakat digital (digital society).

    Pameran itu diharapkan dapat menjadi platform untuk memfasilitasi negara anggota G20 dan ITF-DEWG untuk berinteraksi, berjejaring, serta membuka peluang untuk memperkuat kolaborasi antar pemangku kepentingan yang lebih kuat.

    “Industry Task Force DEWG turut berpartisipasi dalam kesuksesan penyelenggaraan DEWG sekaligus berkolaborasi mendukung Pemerintah mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” katanya.  

    Menurut Sekjen Mira, pelaku industri melalui ITF DEWG telah dilibatkan dan berkontribusi terhadap berbagai rangkaian kegiatan DEWG, mulai dari partisipasi di berbagai side event berupa lokakarya, pameran digitalisasi UMKM dan teknologi futuristik, serta menyelenggarakan kegiatan pendukung di antaranya webinar, media briefing dan sharing session.

    “Selain penyelenggaraan kegiatan yang bersifat substantif, ITF DEWG juga menyuguhkan pengalaman teknologi yang interaktif dan futuristik bagi seluruh delegasi dan tamu undangan,” katanya.

    Sekedar informasi, 4th DEWG meeting dihadiri 18 delegasi secara fisik antara lain Australia, Brazil, Kanada, China, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turkiye, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Ada pula delegasi Argentina yang hadir secara virtual.

    Sementara sejumlah negara undangan yang hadir dalam sidang keempat DEWG G20 yaitu Spanyol, Belanda, Singapura, Rwanda, Kamboja, dan Persatuan Arab Emirat (UAE).

    Pertemuan keempat itu juga dihadiri perwakilan organisasi internasional, seperti International Telecommunication Union (ITU), United Nations Economic and Social Commissions for Asia and the Pacific (UN- ESCAP), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), dan Islamic Development Bank (ISDB).

    Reporter: Wahyu Sudoyo

    Editor: Untung S.

    Berita Terkait

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA