FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2022

    380

    Wapres Harapkan Venue Olahraga Terus Produktif

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Palembang, Kominfo – Di sela-sela kegiatan kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menyempatkan diri berolahraga pagi sekaligus meninjau kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Rabu (07/09/2022).

    Saat beristirahat di Stadion Gelora Sriwijaya, Wapres sempat berdialog dengan Direktur Utama PT JSC Meina Paloh tentang pengelolaan dan pengembangan JSC. Pada kesempatan ini, Wapres menekankan agar venue-venue olahraga yang pernah digunakan untuk penyelenggaraan event besar baik tingkat nasional maupun internasional dapat terus produktif.

    “Venue-venue seperti Jakabaring (Asian Games 2018) dan yang di Papua (PON 2021) kemarin bagaimana dia bisa memainkan fasilitas yang ada agar tetap terpelihara dan digunakan untuk event-event dalam rangka untuk peningkatan prestasi olahraga,” pintanya.

    Pola pemanfaatan venue olahraga yang cukup baik seperti di Jakabaring, kata Wapres, diharapkan dapat menjadi role model bagi venue-venue olahraga yang lain.

    “Ini yang kita harapkan memang pengelolaan fasilitas olahraga sesudah event nasional dan internasional di daerah tetap terpelihara dengan baik,” tegasnya lagi.

    Sebelumnya, Direktur Utama PT JSC Meina Paloh melaporkan bahwa pengelolaan JSC saat ini tidak lagi menggunakan dana APBD, tetapi dengan memanfaatkan venue-venue yang ada baik untuk pertandingan olahraga maupun acara-acara lain.

    “Jadi JSC dimanfaatkan tidak hanya untuk kegiatan olahraga tetapi juga kegiatan lain seperti konser musik, pertunjukan seni, pertemuan akbar, serta pesta pernikahan,” tuturnya.

    Selain itu, kata Meina, di dalam kawasan JSC terdapat Politeknik Olahraga di bawah naungan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri).

    “Kemudian JSC juga melakukan kerjasama dengan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang. Jadi bagaimana mahasiswanya juga dapat belajar house keeping di Wisma Atlet JSC,” paparnya.

    Lebih jauh, Meina mengungkapkan bahwa biaya operasional pengelolaan JSC yang luasnya 325 hektar mencapai 2,5 miliar setiap bulan. Oleh sebab itu, ia mengharapkan berbagai stakeholder seperti Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga agar terus saling mendukung dalam pengelolaan JSC.

    “Kami perlu dukungan untuk saling sinergi. Karena kalau kita bicara (misalnya) hanya mengandalkan bantuan APBD Daerah cukup kecil, sehingga perlu juga dukungan dari Pemerintah Pusat,” ujarnya.

    Di samping itu, Meina juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk perapihan venue-venue sebagai infrastruktur utama yang memerlukan pembiayaan besar.

    “Kemudian untuk beberapa venue yang jarang digunakan seperti panjat tebing dan dayung, mohon pemerintah pusat dapat mengarahkan atlet-atlet nasional untuk latihan di JSC,” harapnya.

    Turut mendampingi Wapres pada kesempatan ini, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. 

    Berita Terkait

    Wapres Minta Kepala Daerah Optimalkan SDM Dukung Garda Terdepan Pelaksana Program

    Wapres meminta kepada para gubernur, wali kota, bupati, hingga camat dan lurah, agar memimpin secara langsung koordinasi pelaksanaan program Selengkapnya

    Wapres Puji Keterampilan Anak-Anak Papua

    Pengembangan pelatihan vokasi diperlukan sebagai pendekatan yang baru dalam proses percepatan pembangunan kesejahteraan Papua. Selengkapnya

    Wapres Ajak Penguatan Kolaborasi Majukan Kesejahteraan Papua

    Seluruh upaya yang dilakukan untuk menciptakan kedamaian dan inklusivitas bagi masyarakat Papua. Selengkapnya

    Wapres Harapkan Dakwah Santri Merambah Dunia Digital

    Wapres menyebutkan bahwa di era disrupsi sekarang ini, khususnya di dunia maya kebenaran mulai tersamarkan oleh kebatilan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA