FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2022

    943

    Wapres Harapkan Venue Olahraga Terus Produktif

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Palembang, Kominfo – Di sela-sela kegiatan kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menyempatkan diri berolahraga pagi sekaligus meninjau kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Rabu (07/09/2022).

    Saat beristirahat di Stadion Gelora Sriwijaya, Wapres sempat berdialog dengan Direktur Utama PT JSC Meina Paloh tentang pengelolaan dan pengembangan JSC. Pada kesempatan ini, Wapres menekankan agar venue-venue olahraga yang pernah digunakan untuk penyelenggaraan event besar baik tingkat nasional maupun internasional dapat terus produktif.

    “Venue-venue seperti Jakabaring (Asian Games 2018) dan yang di Papua (PON 2021) kemarin bagaimana dia bisa memainkan fasilitas yang ada agar tetap terpelihara dan digunakan untuk event-event dalam rangka untuk peningkatan prestasi olahraga,” pintanya.

    Pola pemanfaatan venue olahraga yang cukup baik seperti di Jakabaring, kata Wapres, diharapkan dapat menjadi role model bagi venue-venue olahraga yang lain.

    “Ini yang kita harapkan memang pengelolaan fasilitas olahraga sesudah event nasional dan internasional di daerah tetap terpelihara dengan baik,” tegasnya lagi.

    Sebelumnya, Direktur Utama PT JSC Meina Paloh melaporkan bahwa pengelolaan JSC saat ini tidak lagi menggunakan dana APBD, tetapi dengan memanfaatkan venue-venue yang ada baik untuk pertandingan olahraga maupun acara-acara lain.

    “Jadi JSC dimanfaatkan tidak hanya untuk kegiatan olahraga tetapi juga kegiatan lain seperti konser musik, pertunjukan seni, pertemuan akbar, serta pesta pernikahan,” tuturnya.

    Selain itu, kata Meina, di dalam kawasan JSC terdapat Politeknik Olahraga di bawah naungan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri).

    “Kemudian JSC juga melakukan kerjasama dengan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang. Jadi bagaimana mahasiswanya juga dapat belajar house keeping di Wisma Atlet JSC,” paparnya.

    Lebih jauh, Meina mengungkapkan bahwa biaya operasional pengelolaan JSC yang luasnya 325 hektar mencapai 2,5 miliar setiap bulan. Oleh sebab itu, ia mengharapkan berbagai stakeholder seperti Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga agar terus saling mendukung dalam pengelolaan JSC.

    “Kami perlu dukungan untuk saling sinergi. Karena kalau kita bicara (misalnya) hanya mengandalkan bantuan APBD Daerah cukup kecil, sehingga perlu juga dukungan dari Pemerintah Pusat,” ujarnya.

    Di samping itu, Meina juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk perapihan venue-venue sebagai infrastruktur utama yang memerlukan pembiayaan besar.

    “Kemudian untuk beberapa venue yang jarang digunakan seperti panjat tebing dan dayung, mohon pemerintah pusat dapat mengarahkan atlet-atlet nasional untuk latihan di JSC,” harapnya.

    Turut mendampingi Wapres pada kesempatan ini, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. 

    Berita Terkait

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Wapres Harapkan Tahun Baru Imlek 2024 Jadi Momentum Memperbarui Diri

    Wapres mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan matang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA