FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2022

    1022

    Haornas, Momentum Gelorakan Pembangunan Olahraga Nasional

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Balikpapan, Kominfo – Pandemi Covid-19 tidak dipungkiri memberikan pengaruh pada aktivitas dan produktivitas masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari, tidak terkecuali dalam berolahraga. Momentum Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-39 Tahun 2022 diharapkan dapat memantik kembali semangat seluruh elemen bangsa untuk terus menggelorakan pembangunan olahraga di Indonesia.

    “Semangat membangun keolahragaan nasional harus terus kita gelorakan, karena memberikan banyak makna dalam kehidupan,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat membuka Peringatan HAORNAS ke-39 Tahun 2022, yang diselenggarakan di Stadion Batakan, Jl. Mulawarman, Manggar, Kota Balikpapan, Jumat (09/09/2022).

    Menurut Wapres, aktivitas olahraga memiliki konsep kesetaraan yang dalam penerapannya mampu menyatukan perbedaan dan membangun kualitas kehidupan yang lebih sejahtera serta bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari.

    “Olahraga bukan semata soal stamina, melainkan tentang kualitas hidup yang lebih sejahtera. Olahraga membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerja sama. Kesemuanya berguna dalam kehidupan kita,” jelas Wapres.

    “Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, acara dengan tema “Bersama Cetak Juara” ini menjadi ajang bagi masyarakat untuk meningkatkan kontribusi serta prestasi di bidang olahraga. Selain itu, Wapres juga berharap agar aktivitas olahraga dapat terbangun secara permanen di masyarakat.

    “Bersama kita jadikan olahraga bagian dari keseharian, agar masyarakat Indonesia bergaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat,” tuturnya.

    Kemudian, bagi para pelatih olahraga dari para atlet diharapkan mampu mendorong prestasi atlet di berbagai ajang kompetisi, serta menemukan talenta-talenta unggul di bidang olahraga.

    “Para pendidik dan pelatih, serius memunculkan bibit talenta olahraga nasional, agar terangkat martabat bangsa melalui raihan prestasi para atlet di kancah dunia,” pungkas Wapres.

    Pada puncak peringatan HAORNAS yang dimeriahkan dengan suguhan penampilan tarian kolosal dan atraksi hiburan tersebut, juga diberikan pula penghargaan kepada insan olahraga yang telah banyak mendukung dunia olahraga Indonesia yang dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu Pembina Olahraga Prestasi diberikan kepada Muhadjir Effendy (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Yasonna Laoly (Menteri Hukum dan HAM), Budi Gunawan (Ketua PB ESI/e-Sport), Isran Noor (Gubernur Kalimantan Timur), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Rahmad Masud (Wali Kota Balikpapan).

    Sementara itu, untuk Kategori Olahragawan Berprestasi diberikan kepada Sri Hartati (Angkat Berat), Syamsul Anwar Harahap (Purna Olahragawan Tinju), Risdianto (Purna Olahragawan Sepakbola), Rumi Iqbal Doewes (Pelatih Olahraga Boccia), Qomarul Lailiah (Wasit Bulu Tangkis).

    Adapun, Kategori Penggerak Olahraga Masyarakat diberikan kepada Abdul Gani, Adolfina Grace Tangkudung, dan Sami Leo Lantang.

    Turut hadir mendampingi Wapres, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Arif Rahman, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. 

    Berita Terkait

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 74 Persen

    Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti, mengungkapkan bahwa pembangunan struktur b Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA