FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 09-2022

    1228

    21 Juta Pelaku UMKM Sudah Onboarding Digital Didorong Gernas BBI

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Padang, Kominfo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut terdapat 21 juta pelaku UMKM Indonesia onboarding ke E-Commerce didorong Program Gernas BBI.

    Menparekraf Sandiaga saat menghadiri penutupan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (16/9/2022) menjelaskan, sebelum adanya Program Gernas BBI, UMKM yang terhubung ekosistem digital hanya sekitar 8 juta unit.

    “Sejak diluncurkan pada 14 Mei 2020 sampai dengan Juli 2022, pelaksanaan Gernas BBI telah berhasil mendorong banyak pelaku UMKM Indonesia onboarding dan total sebanyak 21 juta pelaku UMKM saat ini sudah berhasil onboarding digital,” ujarnya.

    Menparekraf Sandiaga menjelaskan target dari Presiden Joko Widodo yakni sebanyak 30 juta UMKM bisa terdaftar di e-commerce diharapkan akan bisa menggerakkan ekonomi Indonesia hingga 1,7 persen dan membuka dua juta lapangan kerja baru.

    “Kami menargetkan pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Tanah Air sebanyak 62 persen telah terdaftar di e-commerce. Selanjutnya potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM,” ujarnya.

    Menparekraf Sandiaga menjelaskan, fakta tersebut menunjukkan bahwa Gernas BBI selama ini telah membantu banyak pelaku UMKM Indonesia dalam beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi dengan pemasaran dan penjualan secara digital (online) di platform marketplace.

    "Jadi jangan hanya sebatas bangga dengan buatan Indonesia tapi mari membeli produk buatan Indonesia," ajak Menparekraf Sandiaga Uno.

    Gernas BBI merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk buatan dalam negeri serta membangkitkan UMKM.

    Acara yang dipimpin langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi tersebut telah diluncurkan sejak 2020 dan rutin digelar setiap bulan di berbagai provinsi yang berbeda sejak 2021.

    Kegiatan dalam Gernas BBI Sumatra Barat 2022 dipusatkan di tiga kota yaitu Bukittinggi, Payakumbuh, dan Padang, diawali dengan grand opening yang dilaksanakan pada 12 April 2022 di Jam Gadang Bukittinggi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

    Dalam kesempatan tersebut turut hadir Anggota Dewan Komisioner OJK Friderica Widyasari Dewi; Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif KemenkoMarves Odo R.M Manuhutu; Gubernur Sumatra Barat Buya Mahyeldi Ansharullah; Walikota Padang Hendri Septa; dan Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma.

    Berita Terkait

    Indonesia Akan Ukir Sejarah Baru Layanan Digital Terpadu

    Pelayanan publik ke depan menerapkan konsep terpadu dalam melayani perjalanan hidup manusia, moments of life. Seperti di luar negeri, layan Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Presiden Minta Keterpaduan Layanan Digital Pemerintah

    Presiden memerintahkan jajarannya untuk melakukan penyederhanaan layanan berbasis digital yang dimiliki serta mencegah terjadinya pemborosan Selengkapnya

    Belajar Strategi Transformasi Digital dari Jepang

    Pemerintah Indonesia saat ini sedang berupaya untuk melakukan percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA