FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2022

    1112

    Menkominfo: Indonesia - Rumania Buka Peluang Kerja Sama Transformasi Digital

    SIARAN PERS NO. 445/HM/KOMINFO/09/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate saat Pertemuan Bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Rabu (29/09/2022). - (AYH)

    Siaran Pers No. 445/HM/KOMINFO/09/2022

    Rabu, 28 September 2022

    Tentang

    Menkominfo: Indonesia - Rumania Buka Peluang Kerja Sama Transformasi Digital 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengadakan Pertemuan Bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja. Dalam pertemuan itu, kedua menteri membahas peluang kerja sama di bidang transformasi digital dan keamanan siber.

    “Kami mendiskusikan perkembangan ekosistem digital antar kedua negara, baik terkait digital talent, cyber security, radio communications, hingga upstream dan downstream teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Termasuk di dalamnya potensi-potensi membangun hubungan di sektor digital ekonomi, e-commerce, fintech, edutech, healttech peningkatan kerja sama," jelasnya usai pertemuan bilateral di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Rabu (29/09/2022).

    Menkominfo menyatakan Pemerintah Republik Indonesia dan Rumania sama-sama sepakat untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.

    "Kami memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana negara-negara maju (mengembangkan ekosistem digital). Rumania dan Indonesia sepakat untuk bertukar pikiran dan mengembangkan pembangunan TIK di hulu dan hilir," jelasnya. 

    Menteri Johnny juga menjelaskan Indonesia telah cukup berkembang di bidang e-commerce dan berbagai sektor digital lainnya.

    "Kita mempunyai dua decacorn, 14 unicorn dan ribuan digital startup yang mana Rumania juga mempunyai talenta digital yang bagus. Barangkali bisa kita kerja sama dan membangun relasi yang konkret di bidang digital, ekonomi dan radio communications," ujarnya.

    Sementara itu, Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja menilai Indonesia dan Rumania memiliki banyak kesamaan dalam pembangunan ekosistem digital.

    "Kami memiliki chemistry yang sangat positif di sini, meskipun kami baru saja bertemu, saya pikir akan saling mendukung dan tim kami telah bekerja sama untuk waktu yang lama. Kami saling mendukung untuk pencalonan satu sama lain di Dewan Council," ujarnya.

    Menurut Menteri Sebastian-Loan, Pemerintah Rumania akan terus menjajaki beberapa jalur kebijakan yang sangat baik khususnya dalam penggelaran teknologi 5G, sekaligus tindak lanjut MoU tentang transformasi digital yang sedang berjalan serta memastikan sumberdaya manusia digunakan secara maksimal.

    "Sekali lagi, terima kasih banyak atas kesempatan untuk berada di sini, semua penghargaan kami kepada Indonesia yang tidak hanya negara dengan sejarah yang luar biasa, tetapi negara yang melihat ke masa depan dan sedang membangun ekonomi yang akan tetap kompetitif dan memimpin dunia," tandasnya.

    Menteri Sebastian-Loan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas dukungan selama pelaksanaan ITU PP 2022. Ia juga berharap dapat meningkatkan kerja sama di sektor digital antara Indonesia dan Rumania

    "Ke depan, kami berharap dapat belajar dari kisah sukses Indonesia dalam menciptakan unicorn, memfasilitasi ekosistem inovasi yang memanfaatkan sumber daya manusia bahwa negara ini memiliki bangsa yang hebat dan sekali lagi ada banyak hal yang harus dipelajari dari itu," tuturnya.

    Berkaitan dengan keamanan siber, Menteri Sebastian-Loan Burduja juga berharap Pemerintah Rumania dapat berkontribusi dalam hal keahlian keamanan siber yang merupakan salah satu perhatian serius.

    "Tentu saja termasuk komponen siber serta keahlian kami dalam penelitian dan pengembangan pusat akademik. Kami sangat berharap untuk melanjutkan kemitraan ini," tuturnya.

    Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, serta Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA