FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 11-2022

    911

    Sinergi dan Kolaborasi Jadi Titik Penting Akselerasi Transformasi Digital

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo - Meski di tengah kondisi perekonomian global dan geopolitik saat ini yang penuh tantangan, Indonesia mampu menghadirkan kesuksesan dalam penyelenggaraan KTT G20 2022 di Bali. Keberhasilan Indonesia menavigasi KTT G20 mencapai puncaknya dengan ditetapkannya Deklarasi Bersama Para Pemimpin G20 atau G20 Bali Leaders’ Declaration yang memiliki makna sangat strategis dalam akselerasi pemulihan ekonomi dunia.

    “Upaya Presidensi G20 Indonesia untuk memperkuat kerja sama antar negara dalam mendukung transformasi digital, sejalan dengan fokus Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 mendatang,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual dalam acara 5th DataGovAI Websummit 2022, Peluncuran Buku berjudul “Future, Benefit, Singularity & Governance of Technology”, dan Anugerah Apresiasi e-Award 2022, dari Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2022).

    Dalam rumusan G20 Bali Leaders Declaration yang berisi 52 poin kesepakatan, terdapat tiga poin mengenai percepatan transformasi digital. Pertama, menyepakati pentingnya upaya percepatan transformasi ekosistem ekonomi digital dalam mencapai agenda Sustainable Development Goals (SDGs). Lingkungan online yang tangguh, aman, dan terlindungi diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap ekonomi digital. Selain itu, konektivitas digital yang terjangkau dan berkualitas merupakan unsur utama dalam mendorong inklusivitas dan transformasi digital. Dalam poin ini juga ditegaskan pentingnya data bagi pembangunan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan sosial.

    Kedua, mendorong kolaborasi internasional untuk mengembangkan literasi dan ketrampilan digital yang berdampak positif dan menjangkau semua elemen masyarakat. Ketiga, menekankan bahwa teknologi digital merupakan kunci untuk pemulihan dan pemberdayaan di berbagai sektor, termasuk untuk membangun sistem pangan dan pertanian yang tangguh, menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkelanjutan, mendukung perdagangan, industrialisasi dan investasi yang inklusif, meningkatkan produktivitas, serta membuka potensi ekonomi masa depan, khususnya bagi UMKM dan start-up. Poin ini juga ingin memastikan kerterlibatan seluruh pemangku kepentingan agar tidak ada yang tertinggal dalam proses transformasi digital.

    Saat ini, 40% pangsa pasar ekonomi digital ASEAN berada di Indonesia. Nilai transaksi ekonomi digital Indonesia diprediksi mampu mencapai USD130 miliar pada 2025, dan akan terus naik hingga USD360 miliar di 2030.

    “Potensi tersebut harus kita dukung dengan penguatan sejumlah aspek fundamental seperti Infrastruktur, SDM digital, serta regulasi dan kebijakan yang adaptif, agile, dan forward looking. Pembangunan infrastruktur pada Lapisan Backbone (Jaringan Palapa Ring); Lapisan Middle-mile (Satelit Satria dan Satelit Low Earth Orbit), dan Lapisan Last-mile (Base Transceiver Station/BTS) juga harus kita percepat serta kita tingkatkan utilisasinya,” papar Menko Airlangga.

    Dengan penerapan teknologi digital ini diharapkan akan mampu menghasilkan kebijakan yang lebih tepat sasaran, meningkatkan pelayanan publik, serta mendukung transparansi dan akuntabilitas. Selanjutnya, dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik juga telah bangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan memanfaatkan teknologi digital (TIK), guna memberikan layanan publik lebih efektif, efisien, akuntabel dan terpercaya. Meski demikian, terdapat risiko keamanan siber (cyber security) yang harus tetap diwaspadai.

    “Oleh sebab itu, pada KTT G20, Presiden menekankan pentingnya memberikan jaminan keamanan digital dan perlindungan privasi guna membangun kepercayaan di sektor digital. Perlu ditingkatkan upaya bersama dalam memperkuat literasi digital serta memastikan bahwa manfaat digital bisa dirasakan secara merata,” jelas Menko Airlangga.

    Acara yang diadakan Asosiasi Big Data & AI (ABDI) ini bertujuan mendukung percepatan transformasi digital, pengembangan infrastruktur data, serta penguatan keamanan siber dan kedaulatan data.

    “Saya berharap kegiatan web summit ini dapat melahirkan banyak ide atau gagasan yang inovatif dan aplikatif dalam mendukung pengembangan teknologi serta ekosistem ekonomi digital. Saya juga mengajak kita semua memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam mengakselerasi transformasi digital untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,” tutup Menko Airlangga.

    Turut hadir dalam acara ini antara lain Gubernur Lemhannas RI, Rektor UNHAN RI, CEO & Co-Founder Blibli, dan Chairman Asosiasi Big Data & AI (ABDI).

    Berita Terkait

    Bertemu Tony Blair, Presiden Bahas Investasi Energi dan Percepatan Transformasi Digital

    Dalam keterangannya selepas pertemuan, Menteri Investasi menyebut bahwa pertemuan bersama Tony Blair menghasilkan beberapa kesepakatan penti Selengkapnya

    Jawa Timur Jadi Contoh Penerapan Keterpaduan Layanan Digital

    Digitalisasi harus dibarengi dengan pemangkasan proses bisnis, dan kedepan seluruh aplikasi akan diinteroperabilitaskan, dan tidak boleh sat Selengkapnya

    Kolaborasi untuk Akselerasi Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

    Visi Indonesia Emas 2045 tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, dimana Indonesia perlu mengubah pende Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA