FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 11-2022

    2246

    Menteri Johnny: Jurnalistik dan Teknologi Digital Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

    SIARAN PERS NO. 527/HM/KOMINFO/11/2022
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 527/HM/KOMINFO/11/2022

    Rabu, 30 November 2022

    Tentang

    Menteri Johnny: Jurnalistik dan Teknologi Digital Sukseskan Presidensi G20 Indonesia


    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan kerja jurnalistik dan adaptasi teknologi digital menjadikan Indonesia sukses melaksanakan Presidensi G20 Tahun 2022. Menurutnya, keberadaan teknologi digital memungkinkan penyebarluasan informasi mengenai Presidensi G20 ke seluruh negara.

    “Seperti kita ketahui bersama, kita baru saja menyelesaikan Presidensi G20 melalui gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara sukses. Diakui secara domestik, nasional dan internasional,” ungkapnya dalam Acara Puncak AJK 2022 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

    Menurut Menteri Johnny, peran jurnalis dan teknologi memungkinkan transmisi berita dengan cepat dan akurat ke seluruh pelosok tanah air dan ke seluruh dunia yang menjangkau segenap masyarakat negara anggota G20 dan di seluruh dunia.

    “Saya kira peran ini juga buah hasil dari kerja kolaborasi dan kegotongroyongan kita sebagai bangsa di bawah leadership dan directive yang kuat dari Bapak Presiden. Termasuk di dalamnya peran penting jurnalis,” tandasnya.

    Menkominfo menilai masyarakat di seluruh dunia sebelumnya menanti dan menunggu kesuksesan Indonesia dalam memimpin Presidensi G20.

    “Alhamdulillah, di bawah kepiawaian diplomasi, saat dunia ragu, termasuk pengamat khawatir dan pesimis apakah Indonesia bisa memimpin dengan baik, walhasil KTT G20 yang dipimpin Bapak Presiden Joko Widodo menghasilkan Bali Leaders Declaration,” tandasnya.

    AJK 2022 merupakan kompetisi karya jurnalis kelima yang digelar Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo. Tahun ini mengangkat tema Presidensi G20 Indonesia Wujudkan Transformasi Digital yang Inklusif, Memberdayakan, dan Berkelanjutan.

    Menurut Menteri Johnny, tema AJK itu mengingatkannya pada saat memimpin pertemuan Digital Economy Ministers’ Meeting (DEMM) di Bali tanggal 1 September lalu. DEMM sebagai puncak dari Digital Economy Working Group (DEWG) dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia.

    “Digital Economy Ministers’ Meeting yang dilaksanakan di Bali itu adalah yang pertama kali dalam sejarah dunia dan dalam sejarah G20. Karena Digital Economy Working Group sendiri baru dielevasi di G20 tahun yang lalu di Italia dari Digital Economy Task Force menjadi Digital Economy Working Group,” jelasnya.

    Menkominfo menyatakan, langkah elevasi tersebut sangat tepat karena memang dunia bergerak dan beranjak ke dalam transformasi digital. Oleh karena itu, Menteri Johnny menegaskan momentum itu perlu dimanfaatkan dengan baik dan benar.

    Dalam Puncak AJK 2022, Menkominfo Johnny G. Plate turut didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong. Turut hadir dewan juri dan pemenang I, II, dan III serta 10 besar peserta AJK 2022 dari lima kategori lomba.

    Melalui proses penjurian yang profesional dan ketat, para Dewan Juri AJK 2022 telah memutuskan pemenang I, II, dan III dari masing-masing kategori lomba, antara lain sebagai berikut:

    Kategori Media Online

    • Pemenang I: Luthfie Febrianto (cnnindonesia.com) - Asa Difabel dan Kisah Para Pembuka 'Jalur Khusus' dari Sektor Digital.
    • Pemenang II: Asep Jafar Munawar Sidik (antaranews.com) - Insentif Presidensi G20 untuk Transformasi Digital Indonesia. 
    • Pemenang III: Wahyu Adityo Prodjo (kompas.com) - Menelisik Upaya Baik Transformasi Digital UMKM dan Presidensi G20. 

    Kategori Media Cetak

    • Pemenang I: Rendi Fadillah (Sumatera Ekspres) - Selamat Tinggal Blankspot Sinyal, Digitalisasi Sampai Pelosok Negeri.
    • Pemenang II: Maulana Sandijaya (Radar Bali) - G20, Digitalisasi Desa Wisata, dan Kebangkitan Ekonomi Bali.
    • Pemenang III: Arita Nugraheni (Harian Kompas) - Pedagang Kecil Perlu Mengenal Ekosistem Digital.

    Kategori Foto Jurnalistik

    • Pemenang I: Andreas Fitri Atmoko (LKBN Antara) - Delegasi 3rd Sherpa Meeting G20 Berwisata dengan VW Tour Borobudur.
    • Pemenang II: Raditya Helabumi (kompas.id) - Produksi Perangkat Alat Bantu Siaran Televisi Digital.
    • Pemenang III: Mushaful Imam (inews.id) - Palembang Barcode Lowongan Pekerjaan

    Kategori Liputan TV

    • Pemenang I: Firman Eko Handy (LKBN Antara TV) - Gerabah Borobudur yang Kian Mendunia Berkat G20.
    • Pemenang II: Sufiani Tanjung (CNN Indonesia TV) - Startup Unjuk Inovasi dalam G20 DIN.
    • Pemenang III: Maryo Sarong dan Githa Nila Maharkesri (Kompas TV) - Transformasi Digital, Siapkah Indonesia?

    Kategori Liputan Radio

    • Pemenang I: Ustad Mukorobin (RRI Purwokerto) - Tegak Berdiri, Walau Tanpa Kaki.
    • Pemenang II: Ardi (RRI Merauke) - Di Balik Hutan Rimba Tanah Papua. 
    • Pemenang III: Eko Susanto (iRadio FM) - Disabilitas Melampaui Batas Lewat Podcast

     

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA