FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 01-2023

    1535

    Wujudkan Pemilu Berkualitas, Kominfo - Polri Perkuat Kerja Sama

    SIARAN PERS NO. 3/HM/KOMINFO/01/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate dalam konferensi pers bertajuk “Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Pemilu Berkualitas untuk Indonesia Maju” di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusar, Rabu (04/01/2022). - (DRA)

    Siaran Pers No. 3/HM/KOMINFO/01/2023

    Rabu, 4 Januari 2022

    tentang

    Wujudkan Pemilu Berkualitas, Kominfo - Polri Perkuat Kerja Sama 

    Rangkaian penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 telah berlangsung. Pemerintah telah menyiapkan dukungan agar Pemilu Serentak 2024 berlangsung dengan baik.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan telah bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum, hingga Kepolisian Republik Indonesia sebagai aparat penegakan hukum.

    “Kita perlu memastikan bahwa penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia berjalan dengan baik dengan didukung partisipasi peserta pemilu  juga segenap warga masyarakat secara maksimal dan optimal. Seluruh pihak yang terkait dalam pesta demokrasi tahun 2024 mendatang perlu untuk menjaga proses pelaksanaan dan hasil pemilu yang legitimate,” ujarnya dalam Konferensi Pers Menyongsong Pemilu Serentak 2024: Pemilu Berkualitas untuk Indonesia Maju, di Media Center, Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (04/01/2023).

    Menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo telah melakukan beberapa kerja sama lintas kementerian dan lembaga. Saat ini, Kementerian Kominfo memperkuat kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia untuk Sinergitas Tugas dan Fungsi di bidang komunikasi dan Informatika. 

    “Ada enam ruang lingkup nota kesepahaman antara lain pertukaran data dan informasi; pencegahan penyebarluasan dan penggunaan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang dilarang;  bantuan pengamanan; penegakan hukum; penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana; dan peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia,” tuturnya.

    Menurut Menkominfo, Pemilu merupakan puncak dari pesta demokrasi yang menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk menentukan arah bangsa kedepannya. Sehingga pada hingar-bingar pesta demokrasi seluruh masyarakat memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam memilih pemimpin baik di eksekutif maupun legislatif.

    “Mari kita jaga dengan baik agar tetap kedepankan kultur dan etika politik yang baik. Menghormati para pemimpin kita, menghormati para calon-calon pemimpin kita baik calon presiden, calon wakil presiden, calon Anggota DPD, DPR RI, DPRD di seluruh Indonesia dengan tidak menyebarkan informasi yang bersifat post truth, hoaks maupun hate speech,” ujarnya.

    Berdasarkan aturan dan jadwal penyelenggaraan pemilu yang telah diatur dalam Undang-Undang Pemilihan Umum maupun berbagai peraturan KPU. Menkominfo mengajak masyarakat untuk menggunakan ruang digital yang lebih bermanfaat.

    “Kami minta kepada masyarakat untuk memanfaatkan ruang digital kita dengan cara lebih bertanggung jawab, untuk hal-hal yang bermanfaat, meningkatkan kualitas pemilu, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan untuk menghasilkan pemilihan umum yang legitimate,” harap Menteri Johnny.

    Dalam Konferensi Pers, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Hary Budiarto.

    Sementara itu, dari Polri dihadiri Wakil Kepala Bareskrim Polri Irjen. Pol. Asep Edi Suheri; Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Brigjen. Pol. Adi Vivid Agustiadi Bachtiar; serta Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 48/HM/KOMINFO/03/2023 tentang Sukseskan Keketuaan ASEAN 2023, Kominfo Siapkan dan Pantau Akses Telekomunikasi

    Saat ini di kawasan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo, NTT telah tersedia 1.635 BTS 4G dan 3 BTS 5G. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 47/HM/KOMINFO/03/2023 tentang Cetak Smart Digital Leader Sumut, Kominfo Gandeng University of Cambridge

    Program DLA merupakan pelatihan digital untuk level pimpinan di sektor publik kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 46/HM/KOMINFO/03/2023 tentang Kominfo Tuntaskan Refarming Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz

    Refarming ini merupakan refarming yang penyelesaiannya paling cepat dari beberapa refarming yang pernah dilakukan sebelumnya. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 45/HM/KOMINFO/03/2023 tentang Susun Publisher Rights, Kominfo Perhatikan Usulan Ekosistem Digital

    Kementerian Kominfo juga berupaya mendengarkan masukan dari pemangku kepentingan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA