FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 01-2023

    1551

    Singapura Dukung Upaya Indonesia Jadikan Asia Tenggara Pusat Ekonomi Dunia

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Dalam keterangan usai pertemuan, Wapres menyampaikan bahwa Pemerintah Singapura memberikan dukungan penuh terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 ini.

    “Singapura juga mendukung Indonesia sebagai, yang menjabat keketuaan ASEAN, dan akan mendukung upaya-upaya dalam rangka menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat ekonomi dan menjadi semacam pusat kekuatan ekonomi dunia,” tutur Wapres dalam keterangan persnya di Hotel Hilton Singapura, 333 Orchard Rd, Singapura, Senin (16/01/2023).

    Lebih lanjut Wapres menyampaikan, selain membawa misi untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat ekonomi, secara khusus Indonesia juga akan berupaya untuk menjadi pusat produsen halal terbesar di dunia. Untuk itu, sebagai negara yang telah menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia sejak lama, Wapres berharap Singapura dapat mendukung misi ini melalui investasi-investasi di bidang syariah.

    “Saya ingin membangun, menyampaikan Indonesia akan membangun kerjasama dengan Singapura. Dan mengharapkan Singapura akan mengambil peran dalam, ikut berinvestasi di bidang produk halal Indonesia,” papar Wapres.

    Menanggapi hal tersebut, lanjutnya, Presiden Halimah Yacob pun mengungkapkan antusiasme nya terhadap kerja sama di bidang ini. Ia menilai, kerja sama di bidang syariah memiliki potensi besar di dunia global.

    “Singapura sangat merespons [baik] dan mengajak bahwa memang masalah produk halal ini tidak hanya sampai di tingkat ASEAN, tetapi memang juga punya pasar yang besar di tingkat global,” imbuh Wapres.

    “Karena itu, beliau juga sangat merespons dan ingin bekerjasama di bidang [halal/syariah],” tambahnya.

    Menutup keterangan persnya, Wapres kembali menekankan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit tersebut, kedua pemimpin sama-sama berkomitmen untuk semakin memperkuat hubungan baik antarnegara di segala bidang.

    “Di pertemuan itu saya menyampaikan bahwa Singapura merupakan mitra penting bagi Indonesia dan saya sampaikan bahwa Singapura dan Indonesia telah membangun kerja sama yang baik selama ini,” ungkap Wapres.

    “Dan ini memperkuat kerja sama Indonesia-Singapura supaya lebih erat lagi,” pungkasnya.

    Hadir pada kesempatan tersebut Presiden Singapura Halimah Yacob, Principal Private Secretary to the President Lee May Gee, Press Secretary to the President Bey Mui Leng, Deputy Director (Indonesia) Minister of Foreign Affairs Terrence Teo, dan Country Officer (Indonesia) Ministry of Foreign Affairs Yeo Jong Han.

    Sementara Wapres didampingi oleh Duta Besar Indonesia Untuk Singapura Suryo Pratomo, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, serta Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Mirza Nurhidayat. 

    Berita Terkait

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Presiden: Semua Harus Sekolah

    Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk memberikan bantuan dalam bidang pendidikan. Selengkapnya

    Presiden Ajak Talenta Muda Indonesia Jadi Bagian dari Semangat Reformasi Birokrasi

    Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi. Selengkapnya

    Sambut Natal dan Tahun Baru 2024, Wapres Serukan Rakyat Indonesia Terus Jaga Harmoni, Kedamaian, dan Persatuan Bangsa

    Wapres menekankan arti penting memaknai Natal sebagai wujud ajaran saling mengasihi antarsesama manusia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA