FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 01-2023

    970

    Wapres Minta Peran Aktif Masyarakat Untuk Kembangkan Budaya

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pagi ini membuka Pra-Kongres Kebudayaan Minahasa Tahun 2023 di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (26/01/2023).

    Dalam sambutannya, Wapres menuturkan bahwa kebudayaan Bangsa Indonesia adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu sudah sepatutnya seluruh komponen masyarakat melakukan upaya-upaya untuk melindungi, memajukan, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan, sebagai bentuk syukur kepada Tuhan, sekaligus untuk mewujudkan tujuan nasional, serta mempengaruhi perkembangan kebudayaan dunia.

    “Upaya untuk memajukan dan melestarikan budaya bangsa membutuhkan peran aktif dan inisiatif dari masyarakat luas. Masyarakat sebagai pemilik budaya dapat membantu merumuskan strategi pengembangan budaya, dan solusi pemecahan masalah di bidang kebudayaan, khususnya dalam menghadapi aneka tantangan akibat globalisasi, modernisasi dan kemajuan teknologi digital,” papar Wapres.

    Lebih lanjut Wapres mengungkapkan bahwa kebudayaan nasional yang dibentuk oleh bermacam-macam kearifan lokal, yang berakar pada budaya tiap daerah, akan turut menjaga ketahanan dan ketangguhan bangsa dalam semangat Bhineka Tunggal Ika.

    “Kearifan lokal kaya akan nilai-nilai luhur yang meninggikan kemanusiaan dan persaudaraan,” imbuh Wapres.

    Sebagai contoh, tambah Wapres, di dalam budaya Minahasa terdapat semboyan Torang Samua Basudara yang artinya Kita Semua Bersaudara. Nilai-nilai mulia seperti itu yang menjadi fondasi kokoh bagi terwujudnya persaudaraan dan kerukunan nasional.

    “Budaya lokal yang menjadi unsur pembentuk budaya nasional, serta dapat mempererat persatuan dan kesatuan, juga mesti kita rawat, lestarikan dan kembangkan. Persaudaraan sebangsa mesti kita tempatkan di atas kepentingan lain,” ungkap Wapres.

    Menutup sambutanya, Wapres mengapresiasi Yayasan Pengembangan Kebudayaan Minahasa yang telah menginisisasi kegiatan Pra-Kongres Kebudayaan Minahasa, sebagai bentuk kepedulian masyarakat Minahasa dalam upaya merawat dan memajukan budaya lokal.

    “Saya berharap kegiatan Pra-Kongres ini benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh perwakilan masyarakat Minahasa di Tanah Air, dalam rangka memajukan budaya Minahasa yang merupakan bagian penting dalam kebudayaan nasional,” tandas Wapres. 

    Berita Terkait

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Wapres Dukung Program Satu Juta Penyuluh Kemitraan UMKM Berbasis Syariah

    Wapres meminta KPPU untuk membenahi segala hal yang dapat mengganggu kelancaran proses kerja. Selengkapnya

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA