FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 03-2023

    938

    Kominfo Ajak Bakohumas dan Diskominfo Sosialisasikan Keketuaan ASEAN 2023

    Kategori Berita Kominfo | Erbi

    Depok, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) seluruh Indonesia, untuk melakukan sosialisasi atau komunikasi publik Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan kerja sama itu akan diwadahi dalam Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023.

    “Kegiatan itu diharapkan dapat menjadi langkah koordinasi lebih lanjut antarpemangku kepentingan, dalam hal itu Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat dan Dinas Komunikasi dan Informatika seluruh Indonesia, dalam membahas optimalisasi sosialisasi dan diseminasi informasi tentang Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023,” ujarnya dalam Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023 di Depok, Jawa Barat, Jumat (03/03/2023).

    Menurut Dirjen Usman Kansong, Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023 adalah wujud tanggung jawab Kementerian kominfo, melalui Ditjen IKP, sebagai humas pemerintah dalam mengoordinasikan hingga melaksanakan komunikasi publik terkait program nasional.

    Dalam hal itu, peserta Forum yang hadir diberikan segala informasi terkait keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 beserta strategi pengelolaan komunikasi publiknya agar bisa disosialisasikan dan dipromosikan ke masyarakat luas.

    “Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Informasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menjalankan peran sebagai humas pemerintah yang bertanggung jawab mengoordinasikan perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah,” jelasnya.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengatakan, berbagai pengelolaan komunikasi publik terkait ASEAN itu ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan (awareness), memunculkan rasa kepemilikan, serta mendorong partisipasi aktif dari masyarakat.

    Peran aktif dan dukungan masyarakat dinilai sangat menentukan suksesnya penyelenggaraan rangkaian acara Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 yang akan dilakukan sepanjang tahun ini.

    “Pemahaman masyarakat akan urgensi dan manfaat keketuaan Indonesia di ASEAN serta penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Indonesia tentu akan membawa suasana positif dan kondusif yang akan mendukung terlaksananya agenda tersebut,” tandasnya.

    Acara itu dihadiri Direktur Informasi dan Media, Kementerian Luar Negeri, Hartyo Harkomoyo; Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan; dan Managing Director Seqara Communications, Niken Widi Hapsari.

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Tiba di Bali, Menkominfo Hadiri KTT AIS Forum 2023

    Acara puncak KTT AIS Forum 2023 akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2023 di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo dan Wamenkominfo Sidak Media Center KTT ke-43 ASEAN

    Media Center yang menjadi tempat layanan bagi jurnalis peliput KTT ASEAN Ke-43 hampir rampung. Selengkapnya

    [Berita Foto] ATRC ASEAN ke-29 Bahas Kerangka Regulasi Digitalisasi ASEAN

    Pertemuan itu membahas beragam aspek transformasi digital dan regulasi telekomunikasi dan TIK di antara sepuluh negara anggota ASEAN. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA