FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 03-2023

    931

    Pertamax Berisi Pertalite? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten video melalui pesan berantai WhatsApp yang memperlihatkan seorang petugas SPBU mengisi cairan ke dalam dua buah botol dari nozzle (selang) yang berwarna biru dan putih. Konon pesan berantai itu disertai narasi yang menyebutkan  bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax saat ini ternyata berisi jenis Pertalite.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, dilansir dari tempo.com, klaim BBM jenis Pertamax berisi BBM jenis Pertalite adalah keliru.  Penelusuran juga mendapatkan fakta, video tersebut pertama kali beredar bulan Agustus 2017.

    Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat Yudy Nugraha mengatakan pihaknya telah melakukan uji lab sampel cairan setelah menerima pengaduan pelanggan mengenai video tersebut.

    “Hasil uji menunjukkan bahwa kandungan kedua cairan dari nozzle tersebut berisi Pertamax dan Pertalite. Kedua cairan tersebut sudah sesuai standar RON Pertalite 90.2 dan Pertamax 92,” ungkapnya.

    Menurut Yudy, warna BBM Pertamina jenis Pertalite dan Pertamax berbeda walaupun sekilas terlihat mirip. “Pertamax berwarna biru kehijauan, sedangkan Pertalite berwarna hijau terang,” ujarnya.

    Fakta yang juga memperkuat adalah, dilansir dari cnnindonesia.com, perbedaan warna pada BBM Pertamina hanya berfungsi sebagai penanda visual.

    Pakar mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Iman Kartolaksono Reksowardojo mengatakan bahwa warna BBM tidak memengaruhi kualitas BBM.

    Berikut laporan harian isu hoaks, diinfromasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (11/03/2023):

    1. [HOAKS] Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Tutup Semua Sumur Resapan di Jakarta
    2. [HOAKS] Informasi Rekrutmen Pegawai LRT Jabodebek
    3. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto
    4. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Wali Kota Cilegon Menawarkan Kenaikan Jabatan
    5. [HOAKS] Informasi Cek Dana PKH Mengatasnamakan Kementerian Sosial
    6. [DISINFORMASI] Pertamax Berisi Pertalite

    Berita Terkait

    Beredar Beras Plastik di Malinau Kaltara? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, belum ada hasil penel Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA