FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 03-2023

    1131

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong lembaga pemerintah dan pusat untuk mengemas dan mendiseminasikan informasi mengenai program dan kebijakan pemerintah agar lebih mudah dipahami masyarakat awam. 

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyatakan hal itu bisa dilakukan dengan menerapkan  nilai 3E+1N yaitu Educating (mendidik), Enlightening (mencerahkan), Empowering (memberdayakan),  dan Nationalism (menjunjung tinggi nasionalisme).

    “Nilai 3E+1N juga perlu diterapkan oleh para stakeholder atau ekosistem pemerintahan dalam mendiseminasikan program dan kebijakan pemerintah,” tuturnya dalam Temu Komunitas Sohib secara virtual dari Jakarta Pusat, Kamis (16/03/2023) malam.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platform indonesiabaik.id. Komunitas itu, menurutnya telah terbentuk di berbagai daerah. 

    “Di sinilah Indonesia Baik dapat berperan dalam menyampaikan informasi seputar program dan kebijakan pemerintah, khususnya untuk menjangkau generasi muda. Kehadiran Indonesiabaik.id memberikan warna baru dalam komunikasi publik pemerintah yang memegang nilai 3E+1N,” jelasnya.

    Menurut Dirjen Usman Kansong, secara kreatif platform indonesiabaik.id menyederhanakan informasi seputar program dan kebijakan pemerintah melalui bahasa yang lebih mudah dipahami dengan kemasan konten yang menarik, 

    “Mulai dari format infografik hingga konten video namun tanpa meninggalkan nilai 3A+1N tersebut. Lihat tingginya animo masyarakat dengan kehadiran Komunitas Sohib yang dibangun oleh Indonesiabaik.id, saya percaya Indonesia baik.id bersama Komunitas Sohib dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

    Kepada para sohib di seluruh Indonesia, Dirjen IKP Usman Kansong berharap berbagai capaian program strategis pemerintah yang akan dilaksanakan di tahun 2023 akan lebih banyak lagi menjangkau masyarakat.

    “Saya harapkan program-program Komunitas Sohib tahun 2023 yang telah direncanakan seperti bootcamp, kompetensi dan lain sebagainya dapat memperkuat kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan negara dan bangsa ini,” ungkapnya.

    Dalam kesempatan itu, Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengakhiri sambutan dengan membuka Temu Komunitas Sohib: Launching Program dan Komunitas Sohib secara simbolis. Momentum juga disaksikan Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Kementerian Kominfo Nursodik Gunarjo, serta seluruh komunitas sohib dari berbagai daerah di Indonesia.

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Lantik 35 Orang PPPK, Karowai Tekankan Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

    Menurut Karowai Setjen Kementerian Kominfo, saat ini banyak dibutuhkan energi positif untuk melakukan lompatan pembangunan ke depan. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Perkuat Budaya Kerja, Kominfo Komitmen Terapkan Nilai Dasar BerAKHLAK

    Kementerian Kominfo mengimplementasikan budaya kerja BerAKHLAK melalui penyusunan Kamus Kompetensi BerAKHLAK. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA