FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 03-2023

    1045

    Peresmian KCJB dan LRT Ditargetkan Agustus 2023

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Timur, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan meresmikan Penyelesaian Pemasangan Rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Jumat (31/03/2023). Rel kereta atau track laying itu membentang dari Tegalluar hingga Halim dengan total panjang rel terpasang 304 km untuk kedua sisi. 

    Menko Luhut menyatakan Indonesia boleh bangga karena dengan peletakan rel terakhir ini menandakan bahwa seluruh  jalur KCJB telah tersambung. Namun, ada hal yang masih perlu menjadi perhatian antara lain penyelesaian pekerjaan stasiun, pembangunan aksesibilitas dan konektivitas, kesiapan SDM untuk operasional dan maintenance, hingga aspek komersial.

    “Hal tersebut akan kami kawal ketat melalui koordinasi lintas instansi yang selama ini sudah dilakukan juga oleh PMO Percepatan Proyek KCJB. Direncanakan dapat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada Bulan Agustus 2023 bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegas Menko Luhut

    Menurut Menko Luhut keberadaan KCJB menjadi semangat baru bagi Indonesia, terutama berkaitan dengan integrasi dan konektivitas dengan proyek strategis nasional lain yaitu LRT Jabodetabek.

    "Agar perpindahan moda transportasi dari Kereta Cepat menuju LRT akan menjadi seamless dan effortless. Semangat integrasi ini menjadi dorongan bagi seluruh pihak untuk dapat merampungkan kedua proyek strategis nasional,” jelasnya.

    Pada kesempatan tersebut Menko Luhut bersama PJ Gubernur DKI Jakarta dan jajaran melakukan uji coba menaiki LRT dari Stasiun LRT Halim menuju Stasiun LRT Dukuh Atas.

    Dalam konferensi pers di Stasiun Dukuh Atas, Menko Luhut mengucapkan apresiasi terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembangunan sehingga waktu-waktu yang ditargetkan dapat tercapai.

    “Ini perlu kita apresiasi adalah karya anak-anak bangsa kita. Jadi kita kalau ada kurang lebih saya kira tentu perlu proses penyempurnaan karna ini semua di produksi di dalam negeri.  Jadi kita sebagai bangsa sekali lagi harus bangga dengan apa yang dicapai oleh anak-anak kita, bahwa ada kurang lebih sana-sini  tentu sambil berjalan akan kita perbaiki,” ujarnya.

    Selain itu Menko Luhut juga menghimbau terkait pengamanan, agar jangan sampai ada yang merusak fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun  yang bisa menghambat proses penyelesaian proyek.

    “Jadi saya minta semua kita ini betul-betul saling mengingatkan karena ini menyangkut reputasi kita juga, ini kereta api cepat pertama di Asia Tenggara, di Indonesia,” tandasnya.

    Berita Terkait

    Presiden Apresiasi Kinerja KPU dalam Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

    Sebelumnya, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitung Selengkapnya

    Penyesuaian Gaji dan Pensiun Pokok ASN Mulai Maret 2024

    Penyesuaian gaji dan pensiun pokok ini merupakan penyesuaian yang dilaksanakan setelah melalui evaluasi berkala oleh Pemerintah. Selengkapnya

    Presiden Minta Keterpaduan Layanan Digital Pemerintah

    Presiden memerintahkan jajarannya untuk melakukan penyederhanaan layanan berbasis digital yang dimiliki serta mencegah terjadinya pemborosan Selengkapnya

    Apresiasi Kriya dan Wastra Nusantara Lewat Pameran Asta Karya Nusa

    Pameran hasil kerja sama Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian dan Derkranas itu merupakan upaya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA