FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2024

    370

    Kembangkan Kepemimpinan Digital, Wamen Nezar Patria: Kominfo Siapkan DLA

    SIARAN PERS NO. 421/HM/KOMINFO/07/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 421/HM/KOMINFO/07/2024

    Jumat, 5 Juli 2024

    tentang

    Kembangkan Kepemimpinan Digital, Wamen Nezar Patria: Kominfo Siapkan DLA

    Sejak Tahun 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika  telah meluncurkan Program Digital Leadership Academy (DLA). Program pelatihan digital bagi pemimpin Indonesia dari sektor publik maupun privat melibatkan mitra dari universitas ternama di dunia.

    Wamenkominfo Nezar Patria menekankan kepemimpinan digital menjadi dukungan utama dalam pelaksanaan transformasi digital terutama dalam penerapan pemerintahan digital.

    “Kepemimpinan digital sangat penting dan menjadi perhatian bersama. Kominfo memberikan perhatian penuh untuk bisa meningkatkan kapasitas para leader baik di sektor publik maupun di sektor privat dalam rangka transformasi digital ini,” ungkapnya saat memberikan ceramah visitasi dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XVII Tahun 2024 Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum (Puslatbang KHAN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (05/07/2024).

    Wamen Nezar Patria menyatakan penerapan pemerintahan digital ditargetkan untuk menghasilkan pelayanan publik lebih efisien, inklusif, transparan, dan akuntabel. Oleh karena itu, kepemimpinan digital diperlukan dalam pengambilan keputusan yang berbasis data.

    “Tidak sekadar memanfaatkan teknologi dalam pelayanan publik. Namun, setiap pengambilan keputusan harus berdasarkan data. Data menjadi dasar semua keputusan-keputusan diambil di dalam kerangka pemerintahan digital," tuturnya.

    Bahkan, dengan penerapan pemerintahan digital, Wamenkominfo menilai adanya kebutuhan kemampuan adaptasi dan fleksibilitas dalam merespons dinamika perubahan serta memberikan pelayanan publik yang responsif.

    "Perkembangan-perkembangan dunia ke depan yang semakin terdigitalisasi sehingga pengetahuan tentang big data, cloud computing, dan AI ini menjadi sesuatu yang niscaya," jelasnya.

    Wamen Nezar Patria menjelaskan Kementerian Kominfo telah memiliki Program DLA yang bekerja sama dengan universitas terkemuka di dunia seperti University of Cambridge dan Harvard Kennedy School.

    "Jadi ini satu program yang sebetulnya cukup prestisius," tandasnya.

    Wamenkominfo menjelaskan alumni DLA telah melahirkan berbagai program terobosan digital yang mendukung lahirnya kebijakan digital yang lebih tepat. 

    "Dengan program ini diharapkan makin banyak pemimpin dengan keterampilan digital leadership ini, mampu merumuskan kebijakan, menginisiasi inovasi digital, dan mendorong peningkatan daya saing ekonomi digital di Indonesia," jelasnya.

    Program DLA mencakup pelatihan untuk bidang digitalisasi bisnis, keamanan siber, dan tata kelola pemerintahan. Sampai dengan tahun 2024, sebanyak 1.236 orang peserta telah mengikuti program ini.

    Wamenkominfo Nezar Patria mengapresiasi penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional dan berharap menjadi wadah bagi para peserta untuk bertukar gagasan dan berkolaborasi guna meningkatkan kecakapan sebagai pemimpin digital.

    “Ini semua demi mewujudkan transformasi digital nasional yang sudah jadi konsensus nasional kita, dan sudah menjadi program nasional, kita nggak bisa surut lagi ke belakang karena dunia sudah bergerak,” ungkapnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 444/HM/KOMINFO/07/2024 tentang Kembangkan Talenta Digital, Kominfo Jalin Kerja Sama dengan APTDI

    Wamenkominfo meminta semua pihak mempercepat pengembangan talenta digital dalam menghadapi masa depan. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 443/HM/KOMINFO/07/2024 tentang Dua Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Kapal Pengangkut Material BTS BAKTI Kominfo

    Hingga Senin pagi, 22 Juli 2024, pukul 08.05 WIT, Dirut Fadhilah Mathar menyatakan Tim SAR gabungan melakukan pencarian ke wilayah perairan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 442/HM/KOMINFO/07/2024 tentang Tingkatkan Inovasi Digital Sektor Keagamaan, Kominfo - PBNU Gelar DLA

    Menteri Budi Arie mengapresiasi Nahdlatul Ulama sebagai salah satu mitra dalam penyelenggaraan DLA. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 441/HM/KOMINFO/07/2024 tentang Menkominfo Dorong Generasi Muda Tingkatkan Keahlian Digital

    Menkominfo mengingatkan agar beradaptasi dalam menghadapi tantangan transformasi digital. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA