FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 04-2024

    230

    Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    SIARAN PERS NO. 305/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong serta Staf Khusus Menteri Widodo Muktiyo dan Sugiharto memberikan keterangan ke awak media di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (30/04/2024). Menteri Budi Arie menjelaskan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Negara. - (Anhar)

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024

    Selasa, 30 April 2024

    tentang 

    Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Peluang Indonesia mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional makin terbuka lebar setelah Pemerintah menjajaki kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi global.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjelaskan kerja sama dengan perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia.

    “Kerja sama dan kolaborasi dengan Microsoft ini bisa sangat membantu Indonesia untuk melakukan transformasi digital,” jelasnya dalam Konferensi Pers Kunjungan CEO Microsoft Corp di Kantor Kementerian Kominfo Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

    Menteri Budi Arie menyatakan CEO Microsoft Satya Nadella telah merilis nilai komitmen investasi sebesar Rp28 Triliun tersebut untuk mengembangkan AI dan Cloud di Indonesia. Hal ini menjadi bagian dari upaya pemerintah mewujudkan transformasi digital dalam aspek infrastruktur digital.

    “Pak Presiden sampaikan ke Mr. Satya Nadella bahwa digital transformation is the important link to Indonesia, hal yang sangat penting di Indonesia adalah transformasi digital,” ujarnya.

    Selain itu, tawaran investasi Microsoft juga mencakup kerja sama pengembangan sumberdaya manusia di bidang digital. Menkominfo menjelaskan nantinya pihak Microsoft berencana membangun kolaborasi itu selama empat tahun mencetak 840 ribu orang digital talent khusus mengenai Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. 

    “Kominfo punya program pelatihan yang namanya Digital Talent Scholarship. Tadi saya sudah sampaikan setelah pertemuan ini kita akan mendetilkan semuanya dengan pihak Microsoft karena kalau 840 ribu prang dalam waktu empat tahun berarti setahun 210 ribu anak-anak muda kita bisa kita latih skill-nya untuk bisa menguasai teknologi AI,” ungkapnya.

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama dengan Microsoft akan memberikan keuntungan bagi Indonesia karena menjadi bagian dari ekosistem digital global khususnya AI yang akan menjadi pilihan teknologi penting di masa depan. 

    “Mr. Satya Nadella menyampaikan ke Pak Presiden bahwa AI juga bisa membantu sektor pertanian, perikanan dan sektor lainnya. Karena dengan AI, sumberdaya alam kita bisa kita gunakan dengan lebih produktif dan maksimal,” tuturnya. 

    Dalam konferensi pers, Menteri Budi Arie didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Khusus Menteri Sugiharto dan Widodo Muktiyo.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 344/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Tingkatkan Layanan Publik Kota Bima, Menkominfo Apresiasi LaDeWa

    Menteri Budi Arie menyatakan integrasi teknologi digital dalam layanan pemerintahan merupakan wujud inovasi yang mempermudah masyarakat. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 342/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Konsultasi Publik RPP mengenai Tata Kelola Pelindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik

    Rancangan tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Bapak Presiden berdasarkan Surat Sekretaris Negara Nomor: B-169/M/D- 1/HK.02.03/04/202 Selengkapnya

    Siaran Pers No. 339/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Pastikan Pencapaian Visi Indonesia Emas 2045!

    Menteri Budi Arie menyatakan Visi Indonesia Emas 2045 akan dicapai sejalan dengan momentum Peringatan ke-79 Hari Kebangkitan Nasional dengan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 338/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Maksimalkan Transformasi Digital, Menteri Budi Arie Dorong MASTEL Manfaatkan Teknologi Baru

    Menkominfo Budi Arie Setiadi mendorong industri telekomunikasi memanfaatkan teknologi terbaru untuk memaksimalkan layanan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA