FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2022

    341

    Kominfo Dukung Gerakan Nasional Petra Digital

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Manado, Kominfo – Pengurus Pusat Pemuda Katolik menginisiasi Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital (Petra Digital) untuk menyiapkan kadernya menjadi talenta digital.

    Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatia Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang mengapresiasi Gerakan Nasional Petra Digital karena sejalan dengan program Kementerian Kominfo untuk menyiapkan talenta digital di seluruh daerah.  

    “Kementerian Kominfo menyambut gembira dan mendukung sepenuhnya keterlibatan aktif Pengurus Pusat Pemuda Katolik dalam Gerakan Nasional Literasi Digital melalui inisiasi Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital atau Petra Digital,” ujarnya dalam Rakernas Pemuda Katolik di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (27/05/2022)

    Mewakili Menkominfo Johnny G Plate, Stafsus Phillip Gobang menyatakan kata Petra dalam Petra Digital memiliki kemiripan dengan slogan umat Katolik yakni Pro Ecclesia et Patria yang berarti demi Gereja dan Tanah Air. Dengan demikian, partisipasi para Pemuda Katolik dalam pembantukan talenta digital harus ditujukan untuk kebaikan bersama demi hal yang dicintai untuk kemajuan gereja dan tanah air.

    “Partisipasi generasi Pemuda Katolik harus menjadi garda terdepan akselerator transformasi digital untuk membangun okesistem digital yang inklusif dan menciptakan peluang ekonomi baru bagi kelompok basis masyarakat di seluruh pelosok tanah air,” jelasnya.

    Stafsus Philip Gobang mengatakan, pelaksanaan Rakernas Pemuda Katolik beriringan waktunya dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 beberapa hari lalu. Menurutnya, momentum itu merefleksikan kembali perjalanan bangsa, sekaligus mentransformasikan nilai-nilai perjuangan keindonesiaan.

    “Kita semua ketahui karakter keindonesiaan tercermin dalam sikap pluralisme atau kebhinekaan, kekeluargaan, kesantunan, toleransi, sikap moderat, keterbukaan, dan rasa kemanusiaan,” tegasnya.

    Menurut Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Indonesia juga berada dalam proses pembangunan di berbagai sektor yang terus bergerak maju. Namun, pada saat yang sama juga terdapat tantangan yang tidak mudah seperti radikalisme, intoleransi, politisasi yang menyebar melalui ruang digital yang bisa menggerus semangat persatuan dan kebangsaan.

    “Menghadapi tantangan seperti ini, Kementerian Kominfo berupaya mendorong bertumbuhnya nilai-nilai kebangsaan terutama di kalangan generasi muda melalui literasi digital,” ujarnya.

    Stafsus Philip Gobang mengatakan, sedianya Menkominfo Johnny G. Plate ingin menghadiri langsung acara Rakernas Pemuda Katolik di Manado. Namun niatan tersebut tak bisa direalisasikan karena Menkominfo sedang mengikuti rangkaian acara World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, yang juga dihadiri sejumlah menteri.

    “Sehingga ada titip salam hangat dan salam semangat perjuangan dari Pak Menteri (Kominfo) untuk kita semua,” tandasnya.

    Acara itu turut dihadiri Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma'ruf, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pujianto, Ketua Umum DPP KNPI Riyanto Panjaitan, dan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kominfo Gelar Rakor Reformasi Birokrasi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengelar Rapat Kordinasi (Rakor) Reformasi Birokrasi di Pantai Indah Kapuk Avenue, Jakarta, Kamis (11 Selengkapnya

    Kemlu dan Kominfo Gelar Lokakarya Diplomasi Digital untuk Negara Pasifik

    Menurut Dirjen Teuku Faizasyah, pokok materi berupa ringkasan and implementasi e-government dan Digital Public Relations bertujuan untuk mem Selengkapnya

    Lewat Pro Academy DTS Batch 3, Kominfo Dorong Reskilling dan Upskilling Talenta Digital

    Penyelenggaraan program Professional Academy merupakan bentuk komitmen pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk terus meningkatkan keter Selengkapnya

    Kominfo Wacanakan Wisata Metaverse Candi Borobudur

    Wacana penerapan teknologi metaverse ini muncul seiring dengan diterapkannya larangan atau pembatasan memasuki bangunan Candi Borobudur bagi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA