FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2023

    184

    Siapkan Talenta Digital Kompeten, Kominfo Gelar Pelatihan dan Sertifikasi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Cirebon, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menyiapkan talenta digital kompeten. Melalui Program Digital Talent Scholarship 2023, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo menggelar pelatihan dan sertifikasi dalam Vocational School Graduate Academy (VSGA).

    Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris menyatakan Junior Graphic Designer menjadi tema pelatihan dan sertifikasi agar talenta digital makin kompeten.

    "Sekarang ini graphic designer merupakan profesi yang masih sangat dibutuhkan di industri sehingga pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang desain grafis relevan untuk dilaksanakan," ungkapnya dalam Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Junior Graphic Designer di Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (19/06/2023).

    Hedi M. Idris menyatakan sertifikasi memiliki arti penting sebagai bukti kompetensi sumberdaya manusia.

    "Jika dianalogikan, produk memiliki standar nasional yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI) sementara kompetensi juga memiliki standar nasional yaitu Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)," tuturnya.

    Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa. Ma’ruf, mewakili Pemerintah Kota Cirebon, menyambut baik kegiatan pelatihan dan seritifikasi.

    "Kami berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin di Kota Cirebon karena pengembangan generasi muda digital, tengah menjadi perhatian Pemerintah Kota Cirebon," tandasnya.

    Pelatihan Junior Graphic Designer ditujukan sebagai penyegaran materi pembelajaran yang pernah diperoleh peserta selama mengikuti pendidikan formal vokasi, agar siap dalam menghadapi uji kompetensi.

    Pelatihan diikuti 100 peserta terpilih dari wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya yang telah terseleksi secara ketat dari total 208 orang pendaftar.  Seusai Pembukaan, seluruh peserta mengikuti pelatihan yang dibagi ke dalam 3 kelas dan masing-masing dibimbing oleh dua orang pengajar yang berasal dari kalangan akademisi dan pakar industri di bidang desain grafis.

    Selesai pelatihan, peserta akan mengikuti sertifikasi kompetensi dengan asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh BNSP. Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini dibiayai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bentuk beasiswa bagi talenta digital.

    Berita Terkait

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA