FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2024

    280

    Awas Hoaks! Video Tanah IKN Dijahit

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten video di media sosial Facebook berisi tayangan proses pengerjaan tanah dengan menggunakan benda semacam tali lebar yang dimasukkan ke dalamnya. Konon, dalam narasi video menyebutkan “Cuman d IKN tanah dijahit”.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta video tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) dijahit keliru.

    Dilansir dari turnbackhoax.id, proses yang terlihat dalam video itu dikenal dengan nama Prefabricated Vertical Drain (PVD). Proses ini telah dilakukan pada banyak proyek pengerjaan konstruksi bangunan. Ditemukan ulasan dari sebuah akun Instagram @arsikons yang menjelaskan mengenai proses yang terdapat di dalam unggahan video tersebut.

    Dalam penjelasannya, akun tersebut menyebutkan bahwa proses “menjahit tanah” tersebut dikenal dengan nama Prefabricated Vertical Drain (PVD). Teknologi ini merupakan teknologi pemadatan tanah.

    Biasanya, teknologi ini digunakan untuk memampatkan lapisan tanah lunak pada tanah dengan kandungan air banyak (tanah rawa) yang memiliki daya dukung tanah yang rendah. Hal ini berguna agar tanah bisa memenuhi syarat sebagai landasan konstruksi yang kuat.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinfromasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (29/07/2024):

    1. [HOAKS] Video Tanah IKN Dijahit
    2. [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Pejabat Kejaksaan Negeri Kabupaten Ngada
    3. [HOAKS] Pertandingan Indonesia vs Belanda pada 25 Juli 2024
    4. [HOAKS] Lowongan Kerja BPN Tenaga PPNPN
    5. [HOAKS] Jokowi Bagi-Bagi Uang Untuk Pemegang Buku Rekening BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri
    6. [HOAKS] Pinjaman Dana Tunai Online Mengatasnamakan Maybank Finance
    7. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kepala Kejari Kabupaten Blitar Muhamad Yunus

     

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pinjaman Online BNI via WhatsApp

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id, ternyata video unggahan itu tidak ben Selengkapnya

    Awas Hoaks! Penyitaan Komputerisasi Atas Nama Kantor Siber Nasional

    Konon, surat tersebut berisi narasi penyitaan komputerisasi penyusupan siber yang tertangkap pada alamat Internet Protocol (IP). Selengkapnya

    Awas Hoaks! Kemenkes dan BPJS Kesehatan Salurkan Bansos Rp27 Juta

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian dan Informatika menemukan klaim Kemenkes dan BPJS Kesehatan akan memberikan Bansos senilai Rp27 Juta t Selengkapnya

    Awas Hoaks! Provinsi Banten Hancur Diterjang Gempa

    Beredar konten unggahan video di platform YouTube dengan narasi "Full Video Detik-detik Mengerikan Gempa Dahsyat Hajar Bayah Banten Hari Ini Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA