FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2024

    344

    Pemerintah Dukung Gerakan Penggunaan Kendaraan Listrik

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Jakarta Utara, Kominfo - Pemerintah mendukung penggunaan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi publik guna menurunkan emisi karbon di Indonesia.  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan penggunaan kendaraan listrik merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada lingkungan dan mengurangi polusi. 

    "Dengan adanya mobil dan motor listrik ini, membuat kita cinta lingkungan. Karena polusinya berkurang," ujarnya dalam Pesta Rakyat: Percaya Indonesia Merdeka dari Polusi Bersama Mitra Pengemudi dan UMKM Grab" di Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Senin (26/08/2024). 

    Selain itu, penggunaan kendaraan listrik (vehicle electric) juga membawa manfaat bagi para pengemudi terutama grab untuk meningkatkan pendapatan. "Sangat penting bagi pengemudi, mereka mendapatkan hasil yang lebih banyak. Betul gitu ya," ungkap Menteri Budi Karya.

    Menurut Menhub, komitmen penyelenggara layanan transportasi daring dalam mmendukung penggunaan kendaraan listrik sangat penting.  "Komitmen itu akan baik apabila kita melaksanakannya dengan baik. Dan kita memang harus melakukan hal yang baik," tegasnya. 

    Lebih lanjut, Menteri Budi Karya menyatakan bahwa komitmen dalam mendukung penurunan emisi karbon melalui peningkatan penggunaan kendaraan listrik sudah dilakukan di beberapa kota seperti Jakarta, Solo dan beberapa tempat lain. 

    "Ini sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu baik di Jakarta, Solo maupun di beberapa tempat. Grab menginisasi, membuat gerakan-gerakan lingkungan terutama berkaitan dengan motor listrik. Nanti akan ada 1000 mobil listrik yang ada di seluruh Indonesia. Nah tentu ditambah lagi 10000 motor listrik," jelasnya. 

    Bagi pemerintah, upaya untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik sangat penting. Apalagi Gerakan Kendaraan Listrik menurutnya tidak mudah.  "Dan oleh karenanya kita membebankan di pundak kendaraan komersial tidak terkecuali grab untuk membuat satu jumlah populasi tertentu sehingga pada saat populasinya meningkat, maka itu akan lebih memasyarakat," ujarnya. 

    Acara tersebut ditutup dengan launcing 1000 armada di seluruh Indonesia. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi dan para mitra grab dari seluruh Indonesia.

    Berita Terkait

    Presiden Dorong TNI-Polri Terapkan Semangat Transformasi IKN di Daerah

    Semangat transformasi tersebut dapat mencakup pembangunan gedung yang menerapkan standar bangunan hijau (green building). Selengkapnya

    Presiden Tekankan Penguatan Nilai Al-Qur’an di Era Digital

    Di tengah arus informasi yang begitu deras, Presiden Joko Widodo mengingatkan arti penting memiliki pegangan moral yang kuat untuk menyaring Selengkapnya

    Presiden Pastikan Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus

    Presiden menyatakan kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Selengkapnya

    Pemerintah Ajak TVRI Perkuat Kolaborasi Promosikan Potensi Parekraf Indonesia

    TVRI juga dinilai merupakan media yang tepat untuk mempublikasikan program-program unggulan Kemenparekraf. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA