FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 09-2024

    76

    Diplomasi Hangat Indonesia untuk Afrika di Bali

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Badung, 1 September 2024 – Presiden Joko Widodo menggelar jamuan santap malam atau gala dinner untuk para pemimpin negara dan delegasi yang hadir di Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 di Intercontinental Bali Resort, Kabupaten Badung, Bali. Jamuan yang berlangsung pada Minggu malam, (1/9/2024) tersebut tersebut dihadiri oleh sejumlah pemimpin parlemen dan kepala negara-negara Afrika.

    Presiden Jokowi, yang tampil menggunakan kemeja kain tenun ulos berwarna hijau, tiba di lobi Intercontinental Bali Resort sekitar pukul 18.50 WITA.

    Kepala Negara kemudian menyambut setiap tamunya, memberikan salam hangat, dan berfoto bersama sebelum memasuki ruang utama jamuan.

    Presiden pertama kali menyambut para ketua parlemen, diantaranya Ketua Parlemen Zimbabwe Jacob F.N Mudenda, Ketua Parlemen Kenya Rt. Amason Kingi, Ketua Parlemen Tunisia Imed Derbali, Ketua Parlemen Eswatini Lindiwe Thulile Dlamini, Ketua Parlemen Burundi Emmanuel Sinzohagera, Ketua Parlemen Zanzibar Zubeir Almaulid, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani.

    Selanjutnya, Presiden menyambut Presiden Liberia Joseph Nyuma Boakai, Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi, Presiden Rwanda Paul Kagame, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao serta Wakil Presiden Zimbabwe K.C.D. Mohadi.

    "Selamat datang di Bali, Indonesia. Dan terima kasih atas kehadiran Anda di sini," ucap Presiden dengan penuh kehangatan.

    Kepala Negara pada kesempatan tersebut juga menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perkembangan global yang inklusif dan berkelanjutan.

    "Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah High Level Multiparty Partnership Forum dan Indonesia-Africa Forum ke-2 untuk memajukan pembangunan global yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Presiden.

    Kerja sama dan solidaritas antara Indonesia dan negara-negara Afrika dikatakan Presiden adalah hal yang penting karena hubungan keduanya telah terjalin dengan baik dan harus terus dilanjutkan.

    "Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika, dan ini akan terus dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya," ungkap Presiden.

    Presiden Jokowi pun memperkenalkan Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, yang akan dilantik bulan depan sebagai penerusnya. Hal ini mencerminkan transisi kepemimpinan yang mulus dan komitmen Indonesia untuk terus menjalin hubungan erat dengan negara-negara sahabat di Afrika.

    "Pada kesempatan yang penuh kegembiraan ini, izinkan saya memperkenalkan Presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto yang akan dilantik bulan depan dan akan memimpin Indonesia di masa depan," ucap Presiden.

    Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat hubungan bilateral dan multilateral antara Indonesia dan negara-negara Afrika, tetapi juga menjadi sarana untuk menunjukkan keragaman budaya Indonesia. "Terima kasih, dan silakan menikmati makan malam ini," tutur Kepala Negara.

    Selama jamuan para tamu undangan dimanjakan dengan berbagai penampilan musik dan tarian tradisional Indonesia yang memukau. Beberapa artis ternama seperti Jemimah, Rini, Rahmania Astrini, Isyana Sarasvati, Assia Keva & Gamaliel, Rendy Pandugo, Elsa Japasal, Raisa, dan Yuni Shara tampil bergantian menghibur para tamu dengan penampilan mereka yang memikat.

    Selain tamu negara, sejumlah pejabat tinggi Indonesia turut dalam jamuan seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga merupakan Presiden RI terpilih 2024-2029, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan beberapa menteri lainnya. Kehadiran para menteri tersebut menunjukkan dukungan penuh pemerintah Indonesia terhadap hubungan yang lebih erat dengan negara-negara Afrika. (Biro Pers Sekretariat Presiden/TR/Elvira Inda Sari).

    ***

    Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id/kategori/hlf-msp-iaf, https://media.msp-iaf.id/, dan https://s.id/msp-iaf

    Berita Terkait

    HLF-MSP dan IAF ke-2 2024 Perkuat Citra Indonesia di Kawasan Afrika

    Selengkapnya

    40 Perusahaan Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis di IAF 2024

    Selengkapnya

    MoU Farmasi Indonesia-Ghana: Langkah Baru Sinergi Sektor Kesehatan di Afrika

    Selengkapnya

    Komitmen Indonesia tidak Berubah Sejak Konferensi Asia-Afrika 1955

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA