FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 09-2024

    135

    [HOAKS] Video 2 Kepiting Raksasa Muncul di Pantai Tedis, Kota Kupang

    Kategori Hoaks | anni005

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube  yang diklaim sebagai munculnya kepiting raksasa di Pantai Tedis, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diunggah pada tanggal 23 Agustus 2024. Video berdurasi 15 detik tersebut memperlihatkan dua ekor kepiting raksasa yang muncul di permukaan air, salah satunya berada di pinggir pembatas pantai.

    Faktanya, berdasarkan penelusuran dari turnbackhoax.id  dengan mengunggah tangkapan layar dari video, muncul hasil yang mengarah ke beberapa video dari TikTok, Instagram, maupun YouTube. Satu diantaranya video dari TikTok mengunggah gambar proses pembuatan kepiting raksasa. Terlihat bahwa video tersebut diunggah oleh akun TikTok @cangrejos.en.el.l. Kepiting raksasa tersebut merupakan patung ikon di Faro de Chipiona (Mercusuar Chipiona) dalam bahasa Spanyol disebut “Cangrejos Gigantes” yang dibuat dari bahan daur ulang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pelestarian lingkungan laut. Dapat disimpulkan video yang mengeklaim kepiting raksasa di NTT adalah informasi keliru.

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Teror Ninja Ketuk Pintu dan Membacok di Tasikmalaya

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Wali Kota Depok Mohammad Idris

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Semarang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Larvasida dan Fogging Berbayar Mengatasnamakan Dinkes Kota Semarang

    Beredar selebaran surat penanggulangan wabah demam berdarah dan chikungunya, surat tersebut berisi kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA