FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 02-2022

    1033

    Kominfo Siapkan Media Center Indonesia di MotoGP 2022

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Lombok Tengah, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan fasilitas Media Center Indonesia (MCI) MotoGP 2022 untuk jurnalis yang melakukan liputan event internasional MotoGP 2022. Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komifo, Septriana Tangkary, menyatakan dukungan itu diharapkan dapat membantu kerja jurnalis dalam menyebarluaskan informasi mengenai rangkaian event MotoGP 2022.

    "Media Center itu, sebagai upaya Kominfo ikut mendukung penyelenggaraan MotoGP di NTB, agar terselenggara dengan baik. Fasilitas itu, didedikasikan khusus bagi rekan-rekan jurnalis Indonesia yang tidak terakomodasi akreditasi oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP," jelasnya usai Peresmian Media Center Indonesia bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Komandan Lapangan MotoGP 2022 Hadi Tjahyanto di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (10/02/2022).

    Menurut Direktur IKPM Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Media Center Indonesia merupakan hasil kerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association, selaku pengelola Sirkuit Mandalika. Lokasinya berada di lapangan parkir utama yang berdekatan dengan paddock Sirkuit Mandalika.

    “MCI  akan beroperasi selama pelaksanaan tes resmi pramusim MotoGP 2022, 11-13 Februari 2022 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022 mendatang,” jelasnya.

    Berdiri di atas lahan seluas 200 meter persegi, MCI akan menjadi fasilitas pendukung bagi para jurnalis peliput MotoGP 2022.

    "Para jurnalis yang akan meliput di MCI wajib mendaftarkan diri kepada Kominfo, Sub Bagian Humas Polda NTB dan Dinas Kominfo Statistik Provinsi NTB. Kami akan siapkan kartu peliputan khusus untuk keperluan di MCI ini," tutur Septriana Tangkary.

    Direktur IKPM Ditjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan untuk mendukung kerja jurnalistik para peliput MotoGP 2022, MCI dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi 100 Mbps.

    “Ada juga fasilitas makan-minum, 20 unit laptop, mesin pencetak (printer), televisi, dan kursi refleksi. Ruangan MCI juga dilengkapi enam mesin pendingin ruang,” tuturnya.

    MCI akan beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 Wita, setiap hari selama digelarnya kedua event itu. "Selama berada di MCI, kami menerapkan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkerumun dalam jumlah besar. Kami juga mewajibkan rekan-rekan jurnalis untuk mengikuti tes antigen yang kami sediakan di pintu masuk MCI," jelas Septriana Tangkary.

    Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi NTB, Zarkasih meminta kepada seluruh media setempat untuk memanfaatkan seluruh fasilitas yang telah disediakan oleh Kementerian Kominfo.

    Tim dan pembalap elite dunia peserta MotoGP Mandalika 2022 juga sudah berdatangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sejak Senin (7/2/2022) lalu.

    Pada Senin (7/2/2022) malam, pesawat kargo yang membawa seluruh peralatan keperluan tes pramusim MotoGP juga sudah tiba. Maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8496 mendarat pada pukul 21.08 WITA. Pesawat kargo berjenis Boeing 777F yang bertolak dari Bandara Internasional Kuala Lumpur tersebut mengangkut logistik sebanyak 71.318 kg kargo.

    Berita Terkait

    Kominfo Gandeng TNI-AL Tingkatkan Sinergi Dukungan Data dan Informasi

    Kerja sama dengan TNI AL merupakan momentum yang sangat baik untuk saling mendukung ketersediaan data dan informasi. Mengingat kerjasama ter Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Menteri Korea Selatan

    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea Lee Sang Min melakukan pertemuan membahas peluang kemit Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia

    Menteri Johnny membahas kerja di sektor infrastruktur digital, skema pembiayaan untuk investasi Indonesia, dan General Data Protection Regul Selengkapnya

    Jurnalis Asing Apresiasi Media Center GPDRR 2022

    Media center mampu menjembatani kebutuhan informasi didukung infrastruktur penunjang lainnya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA