FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 04-2024

    304

    Perkuat Digitalisasi Layanan dengan Adopsi Inovasi Teknologi PT

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Bandung, Kominfo - Pemerintah melakukan penguaran digitalisasi layanan dengan mengadopsi inovasi teknologi yang dikembangkan perguruan tinggi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan  dalam pemanfaatan teknologi, pemerintah tidak sekadar membangun aplikasi baru. Aplikasi yang sudah ada dalam seleksi CASN bisa dikembangkan dengan teknologi yang diterapkan Telkom University.

    "Salah satunya adalah pengembangan face recognition untuk mencegah dalam kecurangan ujian daring. Teknologi serupa terus kita maksimalkan terutama dalam penyelenggaraan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), sehingga bisa semakin menutup pintu kecurangan saat seleksi,” ujarnya dalam kunjungan ke Telkom University, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (22/04/2024).

    Menteri Anas menegaskan, pengawasan ujian dengan pengguaan face recognition itu dinamakan proctoring. Tujuan utama dari setiap proses penilaian adalah untuk mencegah kandidat mengizinkan orang lain menggantikan mereka dan untuk mencegah kecurangan dalam ujian.

    Proctoring adalah sebuah sistem pengawasan online yang dilakukan dengan cara pengenalan wajah dengan webcam. Ada beberapa jenis sistem proctoring online, seperti real-time proctoringrecorded proctoring, dan controlled proctoring.

    “Dalam konteks seleksi CASN, teknologi ini mencegah kemungkinan peserta seleksi menggunakan joki saat tes,” ungkap Menteri Anas.

    Teknologi ini tidak hanya bisa diterapkan dalam seleksi. Pelatihan-pelatihan dan asesmen yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) serta lembaga lain, saat ini sudah lumrah menggunakan mekanisme daring. Untuk itu perlu pegawasan yang lebih inovatif agar tidak terjadi kecurangan. “Hari ini kita mendapatkan insight-insight menarik yang nanti akan bisa ditindaklanjuti,” tegas Menteri Anas.

    Dalam kunjungannya ke Telkom University, Menteri Anas didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini; Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto; Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Organisasi, Aparatur, dan Kepegawaian Donny Adityawarman; serta Staf Khusus Menteri PANRB Bidang Inovasi Pemerintah Eri Irawan. Rombongan Menteri PANRB diterima oleh Wakil Rektor III Bidang Admisi, Kemahasiswaan, dan Alumni Telkom University Dida Diah Damajanti. 

    Berita Terkait

    Indonesia-Apple Jajaki Peluang Pengembangan Manufaktur dan Investasi Teknologi

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai i Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Pemerintah Percepat Digitalisasi Sembilan Layanan Publik Prioritas

    Banyaknya jumlah aplikasi keimigrasian atau milik Kementerian Hukum dan HAM harus bisa dijadikan satu dalam portal. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA