FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 07-2022

    415

    Tiba di Labuan Bajo, Menkominfo Akan Buka Pertemuan Ketiga DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Manggarai Barat, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (19/07/2022).

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan menghadiri dan membuka Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Presidensi G20  yang akan berlangsung di Hotel Meruorah Komodo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/07/2022) besok. 

    Dalam pertemuan ketiga DEWG ini, Pemerintah Indonesia dan 20 delegasi (17 delegasi hadir fisik dan 3 delegasi menghadiri secara virtual) dari negara-negara anggota G20 akan mendiskusikan kerja sama penanganan aliran data lintas batas dan fondasi yang kuat untuk pemahaman mengenai aliran data lintas batas negara.

    DEWG merupakan pertemuan kelompok kerja ekonomi digital yang pertama kali dilaksanakan pada Presidensi G20 Indonesia tahun ini, setelah elevasi dari Digital Economy Task Force (DETF) pada Presidensi G20 Italia, Agustus tahun 2021 lalu.

    Pemerintah Indonesia telah menetapkan tiga agenda atau isu prioritas dalam penyelenggaraan DEWG, yakni Post Covid-19 Recovery and Connectivity, Digital Skills and Digital Literacy, serta Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust. Ketiga isu tersebut diharapkan mendorong ruang digital bermanfaat dan data yang bernilai tinggi secara ekonomis. Selain itu juga memperhatikan aspek kedaulatan data dalam kaitan dengan geopolitik dan geostrategis. Melalui DEWG, Pemerintah Indonesia telah menetapkan prinsip-prinsip tata kelola data yang diletakkan di dalam perundingan-perundingan seperti yang berkaitan dengan Lawfulness, Fairness, Transparency, dan Reciprocity.

    Hadir mendampingi Menteri Johnny dalam kunjungan ke Labuan Bajo, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba selaku Chair DEWG G20 Presidensi Indonesia; Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM sekaligus Alternate Chair Digital Economy Working Group, Dedy Permadi; Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong; dan Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo.

    Hadir pula Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hary Budiarto; Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika, I Nyoman Adhiarna; Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika, Bonifasius Pudjianto; Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto; serta Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) Kementerian Kominfo, Irawati Tjipto Priyanti.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Menteri Prancis

    Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (21/09/2022) itu kedua pihak membahas beragam Selengkapnya

    Kolaborasi di Hari Bhakti Postel, Kominfo Dorong Semua Pihak Berbagi

    Semua pemangku kepentingan harus memperkuat kolaborasi di sektor pos dan telekomunikasi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Hadiri Raker Komisi I DPR RI, Menkominfo Paparkan Anggaran dan Isu Aktual

    Dalam rapat kerja itu, Menteri Johnny memaparkan anggaran kementerian dan isu aktual sektor komunikasi dan informatika. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Buka Forum Networking DIN G20

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membuka Digital Innovation Network (DIN). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA