FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 01-2023

    91

    Transformasi Digital Kemenkes Jadi Lompatan Signifikan Sektor Kesehatan RI

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Selatan, Kominfo - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Kementerian Kesehatan atas upaya untuk melakukan transformasi digital. Langkah Kementerian Kesehatan ini dinilai dapat memperkuat peran-peran unit kerja dalam mengawal upaya digitalisasi pemerintah.

    "Upaya transformasi digital di Kemenkes luar biasa. CEO Commitment-nya harus diacungi jempol, dalam hal ini kepemimpinan digital yang diterapkan Menkes Pak Budi Gunadi Sadikin. Kemenkes saya yakin mampu mengolaborasikan seluruh ekosistem data kesehatan secara digital. Ini akan menjadi lompatan signifikan bagi sektor kesehatan di Tanah Air,” ujar Anas pada peresmian Digital Transformation Office (DTO) Space, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (20/01/2023).

    Menteri Anas memaparkan, transformasi digital sektor kesehatan akan berdampak setidaknya pada lima hal. Pertama, meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Kedua, memudahkan akses layanan kesehatan. Ketiga, mengerek nilai tambah perekonomian sektor kesehatan dengan orientasi pada produk dalam negeri.

    Keempat, mengakselerasi pencapaian program prioritas pemerintah di bidang kesehatan seperti penurunan prevalensi stunting. Kelima, meningkatkan kompetensi SDM kesehatan sekaligus memastikan distribusinya secara merata ke seluruh Tanah Air.

    “Ini yang sering kami sebut bahwa transformasi digital itu bukan soal gaya, tapi kebutuhan. Kebutuhan untuk apa? Untuk memberi dampak ke masyarakat. Inilah filosofi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai arahan Presiden Jokowi,” papar Anas.

    “Misalnya dengan integrasi data, lalu monitoring treatment sampai evaluasinya semua digerakkan secara digital, kita bisa memastikan suatu masalah kesehatan teratasi. Kita bisa belajar dari pandemi Covid-19 di mana teknologi kesehatan sangat membantu untuk pengendalian pandemi,” imbuh mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) tersebut.


    Berita Terkait

    Transformasi Digital Terpadu untuk Menutup Celah Korupsi

    Rapat membahas integrasi layanan pemerintah melalui mekanisme interoperabilitas, berbagi data, dan informasi sesuai kebijakan Satu Data Indo Selengkapnya

    Perkuat Ekonomi Digital, Pemerintah Kembangkan Perdagangan Aset Kripto

    Selama 2022, Bappebti telah memberikan perizinan berupa tanda daftar sebagai calon pedagang fisik aset kripto kepada 25 perusahaan untuk dap Selengkapnya

    Tinjau Lahan Relokasi Sirnagalih, Wapres Pastikan Kesiapan Hunian Tetap

    Wapres menyampaikan bahwa akan ada tambahan bantuan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Selengkapnya

    Rencana Larangan Penjualan Rokok Batangan, Presiden: Untuk Kesehatan Masyarakat

    Rencana tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA