FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 03-2023

    1089

    Cetak Smart Digital Leader Sumut, Kominfo Gandeng University of Cambridge

    SIARAN PERS NO. 47/HM/KOMINFO/03/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 47/HM/KOMINFO/03/2023
    Kamis, 30 Maret 2023
    tentang

    Cetak Smart Digital Leader Sumut, Kominfo Gandeng University of Cambridge 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara  dan The Møller Institute, University of Cambridge, Inggris telah melaksanakan Program Digital Leadership Academy (DLA) Smart Digital Leader-Sumut Bermartabat.

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyatakan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pemimpin digital pejabat pimpinan tinggi organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota di Sumatra Utara.

    “Kunci penting dalam transformasi digital bukan hanya pemanfaatan teknologi informasi secara intensif dan masif, namun yang terpenting adalah kesiapan SDM di semua lini. Pelatihan ini menargetkan peningkatan kapasitas peserta sebagai pucuk pimpinan di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menginisiasi dan mendorong perubahan menuju akselerasi transformasi digital sebagai program prioritas pemerintah,” jelasnya saat menutup Pelatihan Smart Digital Leader di Kantor BPSDM Provinsi Sumatra Utara, Kamis (30/03/2023). 

    Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo menyatakan pelatihan dengan tema dengan tema Digital Trust anda Cybersecurity–The Essential Foundation for Transformation diharapkan dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan keamanan siber, digital trust, satu data dan pemerintahan berbasis elektronik.

    “Saya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Pelatihan DLA ini hingga selesai. Apresiasi juga bagi Kepala BPSDM Provinsi Sumut beserta jajarannya, dan tentunya Tim DLA dan para pendamping atas upaya dan kerja keras selama penyelenggaraan Pelatihan ini,” ungkapnya.

    Hary Budiarto menjelaskan selama satu bulan pelatihan, peserta berhasil merumuskan 14 Rencana Aksi yang terangkum dalam lima area atau sektor yang menjadi tantangan dalam implementasi digitalisasi di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

    “Langkah selanjutnya dari rencana aksi adalah implementasi. Kami dari Balitbang SDM akan memonitor progress-nya, karena target pengembangan kompetensi SDM Digital ini bukan hanya terlaksana tapi juga dampak yang dihasilkan kepada kinerja dan pelayanan publik,” tandasnya.

    Menurut Plt. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Baso Saleh rencana aksi hasil rumusan peserta antara lain delapan rencana aksi Digitalisasi Layanan Pemerintahan/SPBE, dua rencana aksi Pariwisata Digital, dua rencana aksi Pengembangan SDM, satu rencana aksi Ekonomi Digital dan satu rencana aksi Pengelolaan Data. 

    Smart Digital Leader Province–Sumut Bermartabat ini berfokus pada teori, kebijakan, dan praktik mengenai keamanan siber dan kepercayaan digital (cyber security and digital trust). Didukung muatan teknis substansi terkait dengan satu data dan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Indonesia guna menambah wawasan isu yang terjadi di Indonesia,” jelasnya.

    Program DLA merupakan pelatihan digital untuk level pimpinan di sektor publik kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan sektor privat. Lewat Program DLA, Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan kapasitas pemimpin lembaga publik dan swasta dalam menginisiasi dan mendorong perubahan untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

    Tahun ini, Program DLA difokuskan dalam tiga skema pelatihan yaitu Smart Digital Leader Indonesia Maju, Smart Digital Leader Semakin Digital dan Smart Digital Leader Province. Dalam penyusunan materi dan pelaksanaan pelatihan, Kementerian Kominfo melibatkan perguruan tinggi terbaik dunia, global technology company dan lembaga internasional.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA