FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2023

    646

    Presiden Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen pada Pertemuan ASEAN dengan AIPA

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Manggarai Barat, Kominfo - Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023). Pertemuan tersebut digelar dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023.

    Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara pemerintah dengan parlemen negara ASEAN. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat menjaga dan memperkuat stabilitas politik dan demokrasi di kawasan.

    “Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” ujar Presiden.

    Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo ingin memastikan agar ASEAN mampu lebih tanggap dan tangguh menghadapi tantangan. Harapannya, ASEAN dapat menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

    Selain itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan saat masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis.

    “Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujarnya.

    Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud M.d, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani yang menjabat sebagai Presiden AIPA tahun 2023.

    Berita Terkait

    Presiden Lakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN

    Menurut Presiden Joko Widodo, sebanyak 12 tower hunian dijadwalkan selesai pada bulan Juni, diikuti oleh 21 tower tambahan pada bulan Septem Selengkapnya

    Pimpin SKP, Presiden Tekankan Kesiapan Ramadan dan Penyusunan RAPBN 2025

    Presiden menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khu Selengkapnya

    Perpres "Publisher Rights", Upaya Pemerintah Wujudkan Jurnalisme Berkualitas

    Presiden mengatakan bahwa Perpres tersebut melalui proses pertimbangan yang sangat panjang untuk dapat diberikan persetujuan. Selengkapnya

    Presiden Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024

    Kepala Negara menyampaikan apresiasi terhadap seluruh insan pers di Tanah Air yang telah konsisten menemani masyarakat Indonesia dalam kehid Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA