FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2023

    671

    Presiden Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen pada Pertemuan ASEAN dengan AIPA

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Manggarai Barat, Kominfo - Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023). Pertemuan tersebut digelar dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023.

    Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara pemerintah dengan parlemen negara ASEAN. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat menjaga dan memperkuat stabilitas politik dan demokrasi di kawasan.

    “Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” ujar Presiden.

    Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo ingin memastikan agar ASEAN mampu lebih tanggap dan tangguh menghadapi tantangan. Harapannya, ASEAN dapat menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

    Selain itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan saat masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis.

    “Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujarnya.

    Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud M.d, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani yang menjabat sebagai Presiden AIPA tahun 2023.

    Berita Terkait

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA