FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2023

    819

    Presiden Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen pada Pertemuan ASEAN dengan AIPA

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Manggarai Barat, Kominfo - Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023). Pertemuan tersebut digelar dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023.

    Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara pemerintah dengan parlemen negara ASEAN. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat menjaga dan memperkuat stabilitas politik dan demokrasi di kawasan.

    “Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” ujar Presiden.

    Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo ingin memastikan agar ASEAN mampu lebih tanggap dan tangguh menghadapi tantangan. Harapannya, ASEAN dapat menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

    Selain itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan saat masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis.

    “Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujarnya.

    Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud M.d, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani yang menjabat sebagai Presiden AIPA tahun 2023.

    Berita Terkait

    Presiden Apresiasi Kemitraan Parlemen Indonesia-Pasifik

    Presiden juga menekankan pentingnya inisiatif strategis dalam memperkuat hubungan dan kerja sama di kawasan Pasifik. Selengkapnya

    Presiden dan Ibu Iriana Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2024 di Papua

    Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana pun disambut riuh dan tepuk tangan dari anak-anak yang telah memenuhi Istora Papua Bangkit. Selengkapnya

    Percepat Transformasi Birokrasi, Pemerintah Kembangkan Kepemimpinan Digital

    Kapabilitas digital sebuah organisasi ternyata sangat signifikan ditentukan oleh faktor-faktor manusia seperti kepemimpinan, budaya kerja, d Selengkapnya

    Kembangkan PSN dan KEK, Pemerintah Akselerasi Kebijakan Satu Peta

    Kebijakan Satu Peta menjadi bagian dari perizinan dalam OSS (Online Single Submission) atau terkait dengan tata ruang dan ini juga strategis Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA