FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 05-2023

    1065

    Hadapi Pemilu, Jaga Perdamaian dan Toleransi Bangsa Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Utara, Kominfo - Presiden Joko Widodo meminta setiap warga negara menjaga situasi yang kondusif agar tetap sejuk, damai, toleran dan saling menghormati. Menurut Presiden, hal itu penting ketika memasuki tahun politik, agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

    "Karena itu saya mengajak umat Hindu di manapun berada untuk menjalankan dharma agama dan dharma negara dengan penuh kesadaran. Melaksanakan kewajiban strada bhakti sebagai umat beragama dan pada saat yang sama menjaga serta menjunjung tinggi negara dan bangsa. Jaga NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika," ujar Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan secara online dalam Dharmasanti Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945 yang diadakan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), di Balai Samudera Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (12/05/2023).

    Dalam acara bertema "Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara, Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia”, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, setiap Warga Negara Indonesia dari seluruh suku bangsa, agama, dan ras wajib menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

    Menurut Menko PMK, meskipun setiap warga negara Indonesia memiliki perbedaan suku bangsa, ras  dan agama, tetapi untuk mewujudkan harmoni kesatuan harus memperkuat kesamaan. Dalam arti memperkuat kesamaan sebagai warga negara Indonesia dan menghargai berbagai perbedaan yang ada.

    Kegiatan Dharmasanti Nasional dihadiri pula oleh Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana, Dirjen Bimas Hindu Kemenag, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Mayjen TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Pantia Pelaksanaa Dharmasanti Nasional 2023 Laksamana Pertama I Gung Putu Alit Jaya, dan para Pandita-Pinandita, dan umat Hindu dari seluruh Indonesia. 

    Perkuat Silaturrahmi

    Menko PMK menegaskan agar setiap anak bangsa memiliki tanggung jawab untuk melestarikan, memperkokoh, persamaan dan mencoba mengabaikan perbedaan, terutama perbedaan yang mengarah ke perpecahan dan ketidakrukunan. "Itu menjadi tanggung jawab kita semua," tegasnya.

    Sebagai contoh, Menko Muhadjir menyampaikan, dalam Hindu memiliki kesamaan seperti agama Islam dalam hal penyelenggaraan kegiatan berkumpul usai hari raya. Misalnya, dalam Agama Hindu, usai perayaan Hari Suci Nyepi dilakukan kegiatan Dharmasanti. Dan dalam Agama Islam sesudah Hari Raya Idul Fitri dilakukan kegiatan Halal Bihalal. Kedua kegiatan tersebut tujuannya untuk memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan.

    "Dharmasanti kalau dalam Agama Islam itu Halal Bihalal. Setelah berpuasa di bulan Ramadan kita Halal Bihalal. Setelah melaksanakan Nyepi kemudian Dharmasanti. Artinya, sebetulnya semua agama memiliki kesamaan-kesamaan satu sama lain," tuturnya.

    Menko PMK Muhadjir berharap, kegiatan Dharmasanti Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945 yang diadakan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), bisa menjadi pembelajaran untuk menerima, menghargai dan menghormati perbedaan, serta menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan intern maupun antar umat beragama.

    "Sebagai negara yang kaya akan kebudayaan, masyarakat yang hidup dalam harmoni meskipun berbeda-beda dalam faham, tradisi dan keyakinan. Dengan kegiatan Dharmasanti Hari Suci Nyepi memberikan kesempatan bagi kita semua untuk menghargai dan menghormati keberagaman di Indonesia," ungkapnya.

    Berita Terkait

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    Wapres Dukung Program Satu Juta Penyuluh Kemitraan UMKM Berbasis Syariah

    Wapres meminta KPPU untuk membenahi segala hal yang dapat mengganggu kelancaran proses kerja. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA