FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 05-2023

    2191

    Luruskan Informasi Soal Pelantikan, Plt Menkominfo: Bukan Ganti Pejabat!

    SIARAN PERS NO.86/HM/KOMINFO/05/2023
    Kategori Siaran Pers
    Plt Menkominfo Mahfud MD dalam Konferensi Pers usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pumpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Kominfo, di Jakarta Pusat, Selasa (23/05/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No.86/HM/KOMINFO/05/2023

    Selasa, 23 Mei 2023

    tentang

    Luruskan Informasi Soal Pelantikan, Plt Menkominfo: Bukan Ganti Pejabat!

    Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD telah resmi melantik empat Pejabat Pimpinan Tinggi Madya.  Pelantikan itu, sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 61/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Kominfo. 

    Plt Menkominfo Mahfud MD menjelaskan keempat pejabat yang baru dilantik berdasarkan Keppres tersebut ditetapkan pada tanggal 15 Mei 2023. Informasi itu sekaligus untuk meluruskan kabar yang beredar di publik mengenai pergantian pejabat di lingkungan Kementerian Kominfo.

    “Hari ini saya melantik, bukan menggusur karena ada yang menulis membabat, menggusur, gak ada,” tuturnya dalam Konferensi Pers usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Kominfo, di Jakarta Pusat, Selasa (23/05/2023).

    Menurutnya, sebelum diangkat sebagai Plt Menkominfo oleh Presiden Joko Widodo, Pemerintah melalui TPA (Tim Penilai Akhir) yang dipimpin oleh Presiden telah menetapkan empat pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Kementerian Kominfo. 

    “Diantaranya dua pejabat eselon 1A, yang dua Eselon 1B. SK-nya sudah keluar sebagai Kepres (Keputusan Presiden) sebelum saya diangkat menjadi Plt Menteri Kominfo,” ujarnya. 

    Tahapan seleksi untuk mengisi empat jabatan tersebut telah melewati proses yang panjang hingga akhirnya menetapkan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, Inspektur Jenderal Arief Tri Hardiyanto, Staf Ahli Bidang Teknologi Mochamad Hadiyana, dan Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya R. Wijaya Kusumawardhana.

    “Oleh sebab itu, tadi (saat proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan) Kepresnya sudah dibacakan, itu sudah lama sebelum ini,” jelasnya.

    Plt Menkominfo menjelaskan pada saat pelantikan berlangsung menyampaikan pesan dan arahan yang bersifat normatif sekaligus filosofis dan psikologis berdasarkan aturan perundang-undangan. 

    Dalam konferensi pers, Plt Menkominfo Mahfud MD didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Widodo Muktiyo. Selain itu,  empat Pejabat Tinggi Madya yang baru dilantik juga tampak hadir.

    Empat pejabat yang baru dilantik dilantik antara lain Wayan Toni Supriyanto, Arief Tri Hardiyanto, Mochamad Hadiyana, dan R. Wijaya Kusumawardhana yang masing-masing menempati posisi sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Inspektur Jenderal, Staf Ahli Bidang Teknologi, serta Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA